loader

Suka Buah Duku? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Untungnya sejak awal tahun 2020 dan diperkirakan hingga April mendatang waktunya duku untuk berbuah, sehingga kita mudah menemukannya.

Dikutip dari bobo.grid, duku atau nama latinnya Lansium parasiticum adalah buah berukuran kecil berbentuk bulat yang berasal dari kawasan Asia Tenggara. Di Indonesia terkenal dengan duku Palembang, dan bagi orang Sumsel terkenal dengan duku komering. Hehe..

Bagi anda penyuka buah duku, perlu juga diketahui beberapa manfaat dari buah kecil berwarna kuning ini.

Mencegah Sembelit

Adalah salah satu masalah pencernaan yang sering dialami banyak orang. Biasanya sembelit terjadi karena kita kekurangan asupan serat.

Nah, ternyata duku bisa mencegah sembelit, karena setiap 100 gram buah duku mengandung 4,3 gram serat yang baik untuk sistem pencernaan kita.

Banyak Antioksidan

Duku juga merupakan sumber antioksidan alami, seperti polifenol. Sebuah studi menyebutkan bahwa duku memiliki kandungan antioksidan yang mirip dengan buah pisang dan pepaya.

Antioksidan tersebut dapat membantu tubuh mencegah radikal bebas yang biasanya merusak sel dan menyebabkan penyakit.

Sumber vitamin B dan C

Duku juga mengandung berbagai vitamin B, seperti thiamin, riboflavin, dan niacin. Vitamin B akan dimanfaatkan oleh tubuh untuk membantu proses pengolahan karbohidrat menjadi energi dan menjaga keseimbangan fungsi sistem saraf.

Selain vitamin B, duku juga mengandung vitamin C. Manfaat vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencerna lemak tubuh.

Jika teman-teman sedang menurunkan berat badan, buah ini bisa jadi pengganti camilan makanan manis.

Apalagi, serat yang ada dalam duku juga dapat membuat kita kenyang lebih lama.

 

Share

Ads