loader

Arungi LIGA 2, MCF Jadi Sponsor Utama Muba Babel United

Foto

MUBA, GLOBALPLANET - "MCF adalah rumahnya perusahaan-perusahaan yang berlokasi dan beroperasi di Kabupaten Musi Banyuasin dan telah sewajarnya berkontribusi untuk kemajuan sepak bola di Muba," ujar Ketua MCF Joko Pranoto, saat Launcing Team Muba Babel United, di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate, Kamis (12/3/2020).

MCF, sambung dia, dipastikan menjadi sponsor Muba Babel United dengan kontribusi 60 % pembiayaan operasional klub. Dimana dana yang diberikan berasal dari gotong royong perusahaan-perusahaan perkebunan, pertambangan, minyak dan gas, serta perusahaan lainnya.

Sedangkan untuk biaya 40% lainnya, Joko mengatakan, berasal dari sponsor lain, seperti Bank Sumsel Babel (BSB) dan rekana lain yang tidak mengikat serta berbagai kegiatan industri terkait sepakbola seperti penjualan merchandise.

"Kita disini mengikuti instruksi Bupati dan Wakil Bupati mengharamkan APBD. Jadi kita melakukan penggalangan dana dari perusahaan-perusahaan di Muba. MCF juga akan melakukan industri terkait sepak bola dan lainnya dimana uang yang dihasilka diberikan kepada management. Kita pastikan tidak menggunakan APBD," tegas dia.

Sementara, Pembina Muba Babel United, Dodi Reza Alex Noerdin, mengatakan, MCF beranggotakan 50 perusahaan yang ada dan beroperasi di Bumi Serasan Sekate. Ini dapat menjadi contoh bagi industri sepak bola profesional, terutama di Kabupaten Muba.

"Sangat original idenya, satu pola dan satu sistem yang jika berjalan dengan baik bisa menjadi contoh bagi klub lain dalam mencari pendanaan. Perusahaan selama ini sebenarnya mau menyumbang atau menjadi sponsorship, tapi butuh kejelasan dan akuntabilitas," jelas dia.

Meskipum berada di Liga 2, sambung Dodi, nilai-nilai dasar profesionalitas klub Muba Babel United sama dengan klub di Liga 1. "Tidak mudah mendapatkan slot untuk di Liga 2, jadi manfaatkan ini. Untuk pemain kita minta bermain dengan fokus dan sepenuh hati, kalau untuk dana itu urusan kita," tandas dia.

Muba Babel United sendiri akan mengadapi 22 pertandingan Liga 2 dan 11 pertandingan berlangsung di Stadion Bumi Serasan Sekate. Dimana pada pertandingan perdana Muba Babel United menghadapi Pesekat Tegal pukul 15.30 WIB, Minggu (15/3/2020) di Stadion Bumi Seraran Sekate Sekayu.

Share

Ads