Berita :: GLOBALPLANET.news

09 Juni 2020 14:45:11 WIB

MEDAN, GLOBALPLANET - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Guangdong, Tiongkok, menyalurkan sejumlah alat pelindung diri (APD) guna membantu Pemprov Sumut dalam mengatasi penyebaran Covid-19.

Bantuan disalurkan Pemprov Guandong melalui Assosiasi Provinsi Bersaudara Sumatera Utara kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumut di rumah dinas Gubernur Sumut Jalan Sudirman Medan, Selasa (9/6/2020).

Bantuan APD yang diberikan berupa 50.000 disposal masker, 10.000 medical masker dan 5000 pasang sarung tangan medical.

Gubsu Edy Rahmayadi selaku Ketua Gugus Tugas menerima langsung bantuan tersebut. Ia mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Guangdong atas bantuan itu.

Sebagai informasi, Guangdong dan Sumut menjalin kerjasama melalui Sister Province sejak Maret 2002. Kedua belah pihak lalu bekerjasama di banyak bidang seperti bidang pendidikan, perdagangan, pariwisata, kebudayaan, dan kepedulian sosial.

Gubsu Edy Rahmayadi menyebutkan, Gugus Tugas akan segera mendistribusikan seluruh APD itu ke rumah sakit dan masyarakat yang membutuhkan. 

Sementara itu Konjen RRT untuk Medan Mdm. Qiu Weiwei, mengapresiasi langkah cepat Pemprov Sumut di bawah kepemimpinan Gubernur Edy Rahmayadi dalam menangani penyebaran virus Korona atau Covid-19.

Qiu Weiwei mengungkapkan, Pemerintah Tiongkok telah berhasil menekan wabah Covid-19 dan ini dapat menjadi contoh kepada negara lain untuk dipedomani. 

"Baru baru ini Tiongkok telah menerbitkan buku putih tentang Covid-19 untuk dibagi pengalaman menghadapi wabah pandemi ini. Di samping itu pemerintah Tiongkok dan perusahaan yang berinvestasi di Indonesia telah banyak menyalurkan bantuan. Semoga wabah segera berlalu," ujar Qiu Weiwei.

Koordinator Assosiasi Propinsi Bersaudara Sumatera Utara dr. Indra Wahidin sebagai mediator dalam pemberian bantuan itu menyebutkan bantuan itu adalah pemberian sumbangan kedua dari Guandong untuk Gugus Tugas.

Kata Indra Wahidin, sebelumnya juga sudah diserahkan kepada Gugus Tugas berupa 20000 masker dan 50 pendeteksi suhu infra red. "Dalam waktu dekat akan diterima lagi materi bantuan," ujar Indra. 

Ia berterinakasih ke banyak pihak, termasuk sejumlah instansi yang memberikan kemudahan sehingga bantuan itu bisa disampaikan dengan cepat dan tepat.

"Kami sampaikan terimakasih ke banyak pihak, khususnya kepada pihak kanwil Bea Cukai Sumut dan Kantor Bea Cukai Kualanamo serta BNPB dan team di Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumut," theas Indra Wahidin.

Reporter : Hendrik Editor : Zul Mulkan 312