loader

Hikmah Dimasa Pandemi, Malaria dan DBD Turun Drastis

Foto

LAHAT, GLOBALPLANET. - Kepala Dinas Kesehatan Kabulaten Lahat, Ponco Wibowo SKM MKes melalui Kabid P2P,  Aiwa Marlina SKM MM mengungkapkan, di masa pandemi covid-19 angka penyakit seperti Malaria dan DBD mengalami penurunan cukup drastis. Hal itu,  juga dibarengi dengan menurunnya jumlah kunjungan pasien ke Fasilitas Kesehatan (Faskes). Bahkan,  jumlah penurunan mencapai 30 persen. 

"Bukan karena tidak terdeteksi, orang sudah takut covid, jadi tidak ke faskes, jadi jumlah kunjungan ke faskes menurun," kata Aiwa, saat dikonfirmasi Sabtu (28/11/2020). 

Karena data selama ini kita dapatkan dari kunjungan pasien ke puskesmas dan rumah sakit. 

Aiwa tidak memungkiri, turunnya laporan penyakit juga dimungkinkan sudah tingginya kesadaran masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). 

"Apa karena masyarakat sudah sadar akan PHBS, dan lebih banyak diruma jadi banyak kegiatan serta bersih bersih itu bisa jadi faktornya," ungkapnya, seraya mengatakan ada juga hikmah dari Pandemi covid-19, bukan hanya penyakit Malaria dan DBD seperti TB juga.

Meskipun begitu, masyarakat juga harus tetap waspada. Masyarakat juga diminta untuk rajin melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) minimal satu minggu sekali. 

"Ya, karena dimusim penghujan saat ini rawan akan penyakit malaria, DBD, dan diare yang disebabkan oleh nyamuk," tutupnya.

Share

Ads