Berita :: GLOBALPLANET.news

Balai Bahasa Sumsel mengadakan Kegiatan Revitalisasi Sastra Lisan Hiring-Hiring yang berlangsung 21 sampai 21—24 September 2021 di OKU Timur. (Foto: Ist)

22 September 2021 08:32:00 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Dalam rangka mempertahankan salah satu kebudayaan Komering, berupa sastra lisan maupun hiring-hiring yang terancam punah. Untuk itu Balai Bahasa Sumatera Selatan (Sumsel) mengadakan Kegiatan Revitalisasi Sastra Lisan Hiring-Hiring yang berlangsung 21 sampai 21—24 September 2021 di OKU Timur.

Kegiatan diselenggarkan di Hotel Ardan Tulus Ayu, Belitang. Kegiatan Revitalisasi Sastra Lisan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Wakimin, SPd, melalui Kabid Bidang Kebudayaan, H Muhammad Ridwan, SPd, MM.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Balai Bahasa Sumsel, Drs Umar Solikhan, M.Hum, Dr Erwan Sastra Negara, dan pemateri (Hasanudin, S.Pd. dan Samsul Bakhri, S.Pd.), dengan peserta 25 orang guru Bahasa Indonesia dan Seni dan 25 mahasiswa STKIP Nurul Huda OKUT dan STKIP Muhammadiyah OKUT).

Kepala Balai Bahasa Sumsel, Drs Umar Solikhan menyampaikan beberapa program kegiatan yang berfokus pada bahasa dan sastra Komering. Satu diantaranya revitalisasi Sastra Lisan Hiring-Hiring. Kegiatan merupakan upaya nyata dari Balai Bahasa Sumselatera untuk menghidupkan kembali Hiring-Hiring yang berada dalam status Terancam Punah.

Status ini merupakan hasil dari kajian Vitalitas Sastra Lisan Hiring-Hiring yang memiliki indeks rerata 0.37. Selain itu, dia juga menyampaikan tentang Kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra 2021. Pada tahun ini tema Bulan Bahasa dan Sastra, “Penguatan Bahasa dan Sastra Komering”.

Pihaknya berharap kepada Pemerintah Daerah OKU Timur untuk lebih peduli melaksanakan pembinaan, pengembangan, dan pelindungan bahasa dan sastra daerah sesuai dengan amanat UU Nomor 24 Tahun 2009 Pasal 42 Ayat 1 dan Pemda diharapkan juga untuk selalu berkoordinasi dengan Balai Bahasa Sumsel terkait aktivitas kebahasaan dan kesastraan daerah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Wakimin, SPd, MM melalui Kabid Bidang Kebudayaan H Muhammad Ridwan, SPd, MM, menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Balai Bahasa Sumsel yang sangat peduli terhadap bahasa dan sastra Komering. Dengan rasa haru dan bangga, sebagai putra daerah Komering, Beliau menyambut baik seluruh program yang telah dan akan dilaksanakan di OKU Timur.

Khusus untuk kegiatan Revitalisasi Sastra Lisan Hiring-Hiring, berharap kepada para peserta untuk serius mengikuti kegiatan dan dapat menjadi agen penerus di sekolah, kampus, dan lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Dia juga mengimbau kepada peserta untuk mulai menanamkan kecintaan terhadap Hiring-Hiring dan menjadikan Hiring-Hiring hidup kembali sebagai mana pada masa lampau.

Dia yakin dengan kegiatan yang akan dilaksanakan selama empat hari dapat menjadi awal yang baik, bangkitnya kembali Budaya Komering pada tingkat nasional bahkan internasional.

"Kita berharap kepada Balai Bahasa Sumsel, untuk senantiasa bekerja sama dengan Pemda OKU Timur demi mewujudkan pelindungan bahasa dan sastra Komering," ujarnya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 826