loader

Bupati PALI Ajak Petani Tanam Talas Beneng 

Foto

PALI, GLOBALPLANET - Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Ir H Heri Amalindo MM mengajak para petani di Bumi Serepat Serasan, untuk membudidayakan dan mengembangkan tanaman talas beneng. Bahkan, dirinya saat ini telah membuat demplot di lahan pribadi miliknya seluas kurang lebih dua hektar dan telah berjalan lebih dari tiga bulan.

Hasilnya sudah terlihat, terbukti pada Senin (13/6/22), Orang nomor satu di PALI ini melakukan panen perdana disaksikan Plt Kepala Dinas Pertanian PALI, Ahmad Jhoni SP MM, Ketua DPC Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kabupaten PALI, Ali Sadikin serta puluhan penyuluh pertanian yang ada di Kabupaten PALI.

Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo mengatakan bahwa, tanaman talas beneng mempunyai potensi yang sangat menjanjikan, sebab tanaman itu bisa dimanfaatkan mulai dari daun, batang hingga umbinya. 

"Untuk pemasarannya sangat mudah. Kita sudah bekerjasama dengan eksportir dari Kabupaten Lahat yang akan menampung hasil panen dari petani untuk diekspor ke luar negeri," katanya, usau melakukan simbolis panen talas beneng.

Guna mendukung pengembangan talas beneng ini, dirinya menerangkan, jika lahan miliknya yang telah ditanami menjadi pusat percontohan bagi masyarakat yang berminat membudidayakan talas beneng.

"Kami tidak hanya ngomong, tapi membuktikan kalau tanaman talas beneng bisa meningkatkan kesejahteraan petani. Karena mudah ditanam, mudah dirawat dan bisa ditanam di pekarangan atau ditumpang sarikan dengan tanaman perkebunan lainnya," terangnya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten PALI, Ahmad Jhoni mengatakan, pengembangan tanaman talas beneng adalah upaya pemerintah dalam menggerakkan masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur seperti lahan pekarangan agar dapat produktif.

"Banyak turunan hasil dari talas beneng. Bisa sebagai pengganti tembakau yang rendah nekotin. Batangnya juga bisa dijadikan kerajinan karena mengandung serat tinggi. Kita akan berkoordinasi lintas sektoral untuk mengembangkan tanaman ini supaya menjadi berbagai macam produk selain dijual mentah kepada eksportir," tukasnya.

Share

Ads