loader

Wabah Corona, Banyuasin Lanjutkan Target Pengurangan Angka Kemiskinan

Foto

BANYUASIN, GLOBALPLANET - Target itu sesuai dengan indikator kinerja utama Presiden Joko Widodo, Gubernur Sumsel Herman Deru dan Bupati Banyuasin H Askolani. Tantangan itu, meskipun saat ini mengalami kondisi memprihatinkan adanya Bencana Nasional bahkan Internasional wabah Covid-19. 

Pemkab Banyuasin hingga saat ini berbagai upaya telah dilakukan untuk pencegahan maupun penanganan Covid-19 atau virus corona di Kabupaten Banyuasin.

Hal itu dikatakan Bupati Banyuasin H Askolani, SH, MH Musyawarah Rencana Pembangunan RKPD tahun 2021 yang digelar secara online dari Auditorium Pemkab Banyuasin Rabu (22/4/2020).

Pemkab Banyuasin hingga saat ini telah berbagai upaya dilakukan untuk pencegahan maupun penanganan Covid-19 atau virus corona.

Menurutnya penyebab kemiskinan karena masih banyak nya jumlah penduduk miskin yang hidup dalam kekurangan infrastruktur, seperti belum terpenuhnya Standar Pelayanan Minimum(SPM) bidang penyedian air minum, sanitasi, rendahnya kualitasbdan jaringan transportasi dan infrastruktur wilayah pendukung pertumbuhan ekonomai kerakyatan serta pemerataan sebaran pembangunan.

"Pada prisinsifnya tujuan akhir dari pembangunan adalah untuk menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Banyuasin," katanya.

Lanjut Askolani sesuai Perda Nomor 1 tahun 2019 tentang RPJMD Kabupaten Banyuasin 2018-2023 telah ditetapkan tujuh Program Peioritas Pembangunan daerah yaitu Banyuasin Cerdas, Banyuasin Sehat, Infrastruktur Bagus, Banyuasin Religius, Prima Banyuasin, Petani Bangkit dan Pemerintahan Terbuka.

"Untuk merealisasikan Program "Banyuasin Bangkit" ini Pemkab Banyuasin menargetkan APBD tahun 2021 sebesat Rp,2,8 triliun. Selain juga akan memakai skema pembiayaan lain yaitu Skema KPBU dan CSR, PKBL, B To B, Bantuan Keuangan Gubernur, Dana Aspirasi DPR RI, Dana Aspirasi DPRD Sumsel, DAK, Tugas Pembantuan dan lain sebagainya," terang dia.

Askolani menjelaskan dari keselurahan tahapan Musrenbang-Forum OPD telah diidentifikasi Program Prioritas sejumlah 221 program, 2.413 kegiatan dengan total anggaran sebesar Rp1.118.313.063.500,00.

Adapun rencana Pemkab Banyuasin untuk program kegiatan yang diusulkan dikementrian melalui aplikasi selaras dan DPR RI tahun 2021 yaitu optimalisasi lahan rawah, pelebaran jalan dalam peningkatan pengetahuan gizi dan masyarakat, program bantuan stimulan perumahan swadaya, pengembangan kinerja pengelolaan air minum dan limbah, pengembangan infrastruktur sosial ekonomi wilayah (Pisew), pengelolaan sampah reuse, reduce,recycle, program Snimas Reguler, Program Sanitasi Perdesaan, Program Kotaku, pembanguan daerah irigasi dan pembangunan dermaga.

"Untuk merealisasikan program prioritas tersebut diperlukan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas melalui perencanaan yamg efektif dan strategis serta pengendalian yang efektif dan efisien serta disiplin dalam penerapannya," terangnya.

Share

Ads