loader

Dinkes Awasi TKA dan Warga yang Kembali dari Luar Negeri

Foto

PALI, GLOBALPLANET - Plt Kepala Dinkes PALI, Mudakir mengatakan, saat ini Dinkes PALI sedang mempersiapkan petugas medis untuk menangani apabila ada kasus virus corona.

"Kita akan segera menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan memanggil narasumber dari tenaga medis berkompeten. Pada saat Rakor, kita akan simulasi cara pencegahan dan penanganan kasus virus corona," ucapnya saat dibincangi, Selasa (3/3/2020).

Selain itu, dijelaskannya, sejak kasus virus corona masuk ke Indonesia, Dinkes PALI bakal mengawasi tenaga kerja asing serta warga PALI yang baru saja menjalankan ibadah umroh atau yang biasa bepergian ke luar negeri.

"Tentunya, pengawasan ketat kita lakukan terhadap TKA dan warga yang sering bolak balik ke luar negeri," jelasnya.

Dalam upaya meredam kegelisahan warga PALI, Mudakir menyarankan, agar warga yang mengalami gejala flu, batuk atau demam untuk segara memeriksakan ke Puskesmas terdekat.

Oleh karenanya, masyarakat tidak usah khawatir. Sebab perbedaan demam biasa dengan corona adalah terletak ketika flu, pasien tidak mengeluarkan ingus atau ketika batuk tidak berlendir.

"Untuk memastikannya, apabila gejala timbul, warga bersangkutan secepatnya periksakan ke Puskesmas terdekat," sarannya.

Sementara, Direktur RSUD Talang Ubi, dr Tri Fitrianti mengatakan, untuk penanganan awal, pihaknya sudah siap melayani kasus virus corona.

Hanya saja, untuk perawatan, RSUD PALI bakal merujuk pasien ke rumah sakit yang telah ditunjuk pemerintah.

"Sudah ada empat rumah sakit yang disiapkan merawat kasus corona, yakni RSMH Palembang, RSU Lubuk Linggau, RSU Kayu Agung, RSU Kabupaten Lahat. Jadi ketika ada pasien diduga corona kami akan rujuk ke rumah sakit tersebut," katanya.

Namun untuk ruang isolasi, diterangkannya, pihaknya sudah menyiapkan di UGD. Bahkan, untuk antisipasi dari RSUD Talang Ubi juga sudah menyiapkan APD petugas medis sesuai kaidah WHO, simulasi jika ada pasien terduga virus corona.

"Kita juga memberikan edukasi penyebaran informasi terkait pencegahan, gejala dari Corona kepada masyarakat luas," pungkasnya

Share

Ads