loader

Cegah Penyebaran Virus Corona, Kebersihan Masjid dan Musholla Akan Ditingkatkan

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Wakil Wali Kota Palembang Fitri Agustinda ketika memimpin Rapat di kantor BAPPEDA-LITBANG mengatakan, sebelumnya Pemkot telah menerima surat edaran dari Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Yusuf Kalla yang meminta Pemda menjaga kebersihan masjid dan mushola.

"Sebelumnya kami menerima zurat edaran dari ketua DMI, dan hari ini kami undang Pak Darami Ketua Dewan Masjid Kota, MUI dan OPD di lingkungan Pemkot Palembang, untuk mengantisiasi virus corona agar tidak masuk ke Kota Palembang," ujarnya, Jumat (6/3/2020).

Ia meminta warga tak panik berlebihan karena antisipasi dari setiap individu bisa dilakukan jika menerapkan gaya hidup bersih dan pola makan yang sehat.

"Tapi jangan panik, kita mengantisiasi karena penyebaran virus ini cepat. Kami minta OPD terkait jaga kebersihan Masjid dan mushola, dan seluruh rumah ibadah pokoknya termasuk ruang publik. Cuci tangan dengan benar, agar corona tidak masuk Kota Palembang," katanya.

Ketika ditanya upaya mengantisipasi virus Corona, dia menuturkan, upaya yang sudah dilakukan diantaranya Angkasa Pura cukup waspada dengan menyediakan alat agar orang yang masuk terdeteksi, hotel ada alat pengukur suhu.

"Kami berharap melalui rakor ini, seluruh rumah ibadah waspada. Kita akan melakukan safari masjid, tapi kita utamakan safari masjid yang ramai. Saya harap virus corona tidak masuk Palembang. Jangan panik, apa yang kita lakukan ini agar virus corona tidak masuk di Kota Palembang," tandasnya.

Sementara itu, H Darami Ketua Forum Koordinasi Majelis Taklim Kota Palembang menambahkan, pihaknya apresiasi upaya yang dilakukan Pemkot Palembang.

"Kami juga apresiasi, Pemerintah kota akan menjalankan safari bersih diseluruh masjid dan mushola melalui pihak-pihak terkait. Ini luar biasa yang dilakukan ini. Sedangkan untuk jumlah Masjid dan Musholla 1751 yang sudah diregister," pungkasnya.

Share

Ads