loader

BPBD Imbau Warga OKU Timur Waspada Dampak Kemarau Panjang 

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Timur mengimbau warga untuk mewaspadai bencana dampak kemarau panjang. Menurut prakirakaan BMKG, Sumsel termasuk OKU Timur mengalami kemarau pada Juni hungga November 2023. 

Kepala BPBD OKU Timur Mgs Habibullah menyampaikan imbauan tersebut usai apel kesiapan personil dan peralatan dalam penanggulangan bencana Karhutla di Griya Agung Sumsel, Rabu (17/5/2023).

Mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu diperlukan kesiapsiagaan personil dan peralatan untuk penanggulangan bencana Karhutla. "Untuk itu, segera mungkin mensosialisasikan kepada masyarakat agar membuka lahan jangan dengan cara membakar," katanya.

Habibullah menjelaskan, jika membuka lahan dengan cara membakar, tentu akan berdampak buruk kepada lingkungan dan masyarakat. Membakar lahan bisa mengakibatkan kabut asap. "Karna itu, membuka lahan dengan cara dibakar dilarang," katanya.

Masyarakat juga selalu diingatkan agar selalu waspada dengan cuaca ekstrim di kemarau panjang. Karena itu bisa membuat rawan terjadinya kebakaran. "Kita sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu waspada, menghadapi kondisi cuaca yang tidak menentu ini," tegasnya.

Share

Ads