loader

Besaran Zakat Fitrah di OKU Timur Tahun Ini, Beras 2,5 kilogram atau Uang Rp 35.000 Per Jiwa

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Besaran zakat fitrah tahun ini di Bumi Sebiduk Sehaluan beras 2,5 kilogram  maupun  Rp 35.000 per jiwa. Itu berdasarkan hasil rapat maupun isbat terpadu penentuan Zakat Fitrah 2024 Masehi maupun 1445 Hijiriah yang diselenggarakan di Kantor Kemenag OKU Timur, pada Kamis (28/03/2024).

Isbat terpadu tersebut melibatkan Kantor Kemenag OKU Timur, MUI, NU, Muhammadiyah, Baznas, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Dewan Masjid, IKADI, hingga Bagian Kesra Setda OKU Timur, dan juga Dinas Perdagangan dan Perindustrian OKU Timur.

Kepala Kantor Kemenag OKU Timur DR,  H, Abdul Rosyid, SAg, MM, MSi, melalui Kasi Bimas Islam, Sariyono, SAg, MPdI mengatakan hasil rapat itu sudah disepakati bersama beberapa hal.

Pertama disepakati bersama  pokok yang digunakan zakat fitrah makan pokok masyarakat. "Untuk di OKU Timur makanan pokok digunakan untuk membayar zakat fitrah adalah beras yang ebrkualitas,"terangnya.

Kedua poin a, forum isbat terpadu juga menyepakati menurut Imam Nawawi, besaran zakat fitrah 1 sha' perjiwa atau sama dengan 2,7 kilogram beras yang berkelualitas.

Kedua poin b, sepakat mempertimbangkan pendapat ulama lain tentang besaran zakat fitrah sebanyak 1 sha' atau 2,5 kilogram beras berkualitas per jiwa.

Kedua poin c, forum isbat sepakat besaran zakat fitrah di  OKU Timur yakni 2,5 kilogram beras berkualitas per jiwa.

Sedang ketiga, forum sepakat, jika masyarakat muslim ingin melaksasnakan pembayaran zakat fitrah dengan uang, ditetapkan harga beras itu Rp 14.000 per kilogram. "Sehingga nilai besarnya adalah 35.000 per jiwa,"terangnya.

Nilai besaran uang pembayaran zakat fitrah di kabupaten ini turun dibanding tahun lalu maupun 1444 Hijiriah. "Tahun lalu disepekati harga beras Rp 15.000 per kilogram, sehingga nilainya Rp 37.500 per jiwa,"tambahnya.

Tentang harga beras ini,  telah dihitung oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian OKU Timur. "Itulah hasil pantauan Dinas Perdagangan dan Perindustrian di wilayah lumbung pangan Sumsel," katanya.

Dia menghimbau kepada masyarakat muslim di OKU Timur agar segera membayar zakat fitrah, ke badan amil yang ada di masjid-masjid."Lebih cepat lebih baik. Sehingga lebih cepat disalurkan ke yang berhak menerima zakat fitrah,"ungkapnya.

Share

Ads