loader

Cakades di Kecamatan SP Padang Paparkan Visi dan Misi

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Dalam sambutanya, Camat SP Padang, Syawal Harahap, S.Sos, M.Si, menjelaskan bahwa, dari 9 desa di Kecamatan SP Padang yang menggelar pilkades, ada 9 cakades dari 2 desa yang sudah menyampaikan visi dan misi di desanya masing-masing, yakni Desa Rawang Besar dan Batu Ampar.

Sedangkan yang belum akan kita gelar hari ini, yakni Desa Tanjung Alai, Awal Terusan, Pematang Buluran, Terusan Menang, Ulak Jeremun, Berkat dan Bungin Tinggi. 

"Dari 9 desa yang menggelar pilkades ada 33 cakades, 2 desa dari 9 cakades telah menyampaikan visi dan misi di desa masing-masing, sedangkan sisanya yakni 24 cakades di 7 desa akan segera dilakukan hari ini," jelasnya.

Lanjutnya, dikarenakan situasi pandemi paparan visi dan misi cakades dari desa-desa yang menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades), dipusatkan di aula kantor Kecamatan SP Padang. Dengan tujuan untuk menghindari kerumunan masa dari para pendukung masing-masing cakades.

Penyampaian paparan visi dan misi ini perlu dilakukan dari setiap cakades karena sudah diatur dalam undang-undang, sebab dinilai sangat penting lantaran merupakan janji yang harus ditepati dan harus dituangkan pada RAPBDes, dalam rangka membangun desa dan menjalankan roda pemerintahan, sekaligus mengembangkan potensi yang ada di desa," ujar Syawal.

Dijelaskannya juga, bagi para cakades yang akan menyampaikan paparan visi dan misi jangan terlalu muluk-muluk, sebab akan menjadi beban jika tidak terpenuhi dan akan menjadi tanggung jawab yang harus dilakukan pagi cakades terpilih," bebernya sembari menghimbau kepada para panitia pilkades agar bersifat netral dalam menjalankan tugas.

Sementara itu, Kepala Dinas DPMD OKI, Hj. Nursula, S.Sos, yang diwakili oleh Sekretarisnya, Kadafi, S.Sos menjelaskan, untuk hari ini ada 3 kecamatan yang memaparkan visi dan misi, yakni Kecamatan Teluk Gelam, SP Padang dan Jejawi.

"Kegiatan ini dilakukan berdasarkan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Pilkades dan Perbup OKI nomor 11," ungkapnya. 

Share

Ads