loader

Jaga Ketersedian Pupuk dan Alat Pertanian Petani OKI, Perum Bende Seguguk Mou dengan PT Pusri Agro Lestari 

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Perumda Bende Seguguk terus meningkatkan jejaring kerjasama antar perusahaan, kali ini MoU atau menyepakti kerjasama dengan PT Pusri Agro Lestari (PAL). 

Penandatanganan perjanjian naskah kerjasama berlangsung di ruang rapat Bende Seguguk Pemkab OKI, Senin (6/2).

Direktur Perum Bende Seguguk Meri mengatakan, sejauh ini petani di Kabupaten Ogan Komering Ilir masih mengalami kesulitaan terkait ketersediaan pupuk, hal ini yang mendasari kami menyepakati MoU dengan PT PAL ingin membantu petani baik itu pertanian maupun perkebunan sehingga mudah mendapatkan pupuk.

"Saya mendapat informasi petani OKI sulit mendapatkan pupuk, mudah mudahan melalui kesepakatan Perumda Bende Seguguk menjadi distributor pupuk tidak ada lagi kelangkaan pupuk dan mendapat harga yang baik," jelasnya. 

Dikatakan Meri, untuk pupuk yang dipasarkan merupakan non subsidi, sedangkan target pemasaran pupuk non subsidi dari PT PAL tidak ada target sebutuhnya saja. 

"Perumda Bende Seguguk sebagai distributor pupuk non subsidi, juga menyediakan menyediakan pestisida dan alat alat pertanian bagi yang membutuhkan," katanya. 

Sambung Meri, program kerjasama yang telah ditandatangani akan berlangsung selama satu tahun 2023. Selain MoU denga  PT PAL, Perumda Bende Seguguk juga melakukan kerjasama dengan PT Lampung Jasa Utama. 

Sementara itu Sekda Kabupaten OKI H Husin mengatakan, kesepakatan kerjasama ini dinilai penting dalam rangka memberikan kemudahan kepada para petani, sekaligus membangun bidang pertanian dan perkebunan di OKI lebih maju dan berkembang, khususnya terkait ketersediaan pupuk dan alat pertanian.

"Program kerjasama ini benar benar menyentuh kebutuhan petani di OKI, karena sebagian besar wilayahnya pertanian dan perkebunan," ucapnya. 

Terpisah Direktur Comersil PT Pusri Agro Lestari (PAL) Muhammad Fazli Alhadi menyampaikan, PAL ingin suport semua kota kabupaten di Sumsel dan daerah lainnya untuk membangun Sumsel lebih maju.

"Untuk pupuk dan pestisida sudah banyak jaringan pemasaran terbentuk, kebetulan OKI wilayah strategis di Sumsel baik yang dari Lampung, Jakarta lewat OKI dan sebaliknya, seiring berkembangnya transportasi makin terbukanya market.

"Makanya PAL melakukan kerjasama dengan Perumda Bende Seguguk, guna meyakinkan dan menggaransi semua barang yang beredar di Kabupaten OKI, dan dalam tiap bisnis untuk target paling tidak maksimum yang kita berikan," katanya. 

MoU dihadiri sekaligus disaksikan langsung Manajemen PT PAL, Sekda OKI H Husin, Pimpinan Bank SumselBabel Kayuagung Anton, Direktur PT Lampung Jasa Utama Fajri, Kepala OPD dilingkungan Pemkab OKI.
Acara ditutup dengan serah terima cendramata dan pembagian hadiah doorprize. 

Share

Ads