loader

Ini Jadwal dan Cara Daftar PPDB SMP di Palembang

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - "Sejak 20 April lalu hingga 9 Mei mendatang, kami mensosialisasikan bagaimana proses pendaftarannya lewat surat edaran yang disebarkan ke pihak terkait. Perlu diketahui, mekanisme PPDB juga sudah mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah berkumpulnya siswa dan orangtua secara fisik di sekolah," ungkap Kepala Dinas Pendidikan kota Palembang Ahmad Zulinto, Rabu (29/4/2020).

Zulinto menerangkan, pendaftaran siswa baru tingkat Sekolah Menengah Pertama atau SMP melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Palembang akan dibuka secara online pada 11-19 Mei 2020.

Untuk diketahui, pendaftaran daring ini dilaksanakan sesuai Surat Edaran dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19.

"Pelaksanaan online ini merupakan langkah dan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus corona, serta mempertimbangkan daya tampung SMP Negeri dan jumlah potensi lulusan SD/MI maupun penyebaran sekolah (SMP Negeri) di Palembang," katanya.

Lebih lanjut, kata Zulinto, untuk jalur pendaftaran yakni terdiri dari empat jalur. Meliputi jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua atau wali dan jalur prestasi.

"Keempat jalur ini masih kita lakukan sesuai dengan arahan dan ketentuan, ada beberapa persen porsi untuk kuotanya. Melalui zonasi dengan menerima 50 persen siswa, Afirmasi (siswa tidak mampu menerima bantuan)15 persen, jalur kepindahan 5 persen dah prestasi sisanya," jelasnya.

Sesuai pedoman umum PPDB SMP Negeri di Palembang yakni PPDB dilaksanakan dengan menggunakan mekanisme online atau dalam jaringan (daring) melalui web https://ppdbpalembang.id

Jalur zonasi merupakan jalur yang disediakan bagi peserta didik yang telah tinggal dalam satu zona selama minimal satu tahun. Lalu jalur afirmasi, disediakan bagi peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu.

Sedangkan jalur perpindahan tugas orangtua atau wali, adalah jalur yang disediakan bagi peserta didik ketika lokasi pekerjaan orang tua atau wali dipindah tugaskan. Serta khusus jalur prestasi, untuk siswa yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik, kuotanya paling sedikit.

Berikut Jadwal PPDB SMP Palembang tahun ajaran 2020/2021

1. Sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 20 April – 09 Mei 2020.
2. Pendaftaran dan verifikasi PPDB Jalur Zonasi, Jalur Afirmasi, Jalur Perpindahan Tugas Orangtua/Wali dan Jalur Prestasi dilaksanakan pada 11 – 19 Mei 2020.
3. Pengumuman Hasil PPDB kan diumumkan pada tanggal 20 Mei 2020
4. Daftar Ulang Online 21 – 22 Mei 2020
5. Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tanggal 13-15 Juli 2020.
6. Hari pertama masuk sekolah tanggal 13 Juli 2020.

Share

Ads