loader

Perjuangan Panjang, Inovasi Bupati OKU Timur Berupa POC BeoEnos Akhirnya Terwujud

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Setelah melalui proses dan perjuangan yang cukup panjang, sejak September 2023, akhirnya inovasi Bupati OKU Timur, H, Lanosin, MT berupa hilirisasi pengelolaan limbah sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA)  Minangbaru, Martapura dari air lindi, terwujud.

"Alhamdulillah inovasi pak bupati yang bermanfaat untuk petani berupa pupuk organik terwujud," terang Kepala Dinas (Kadin) Lingkungan Hidup OKU Timur, Feri Hadiansyah, ST, MM.

Inovasi Bupati OKU Timur, H, Lanosin, MT, pada Rabu (06/12/2023)  berupa hilirisasi pengelolaan limbah sampah di  TPA  Minangbaru, Martapura dari air lindi bisa terwujud. Berhasil dijadikan seuatu yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya petani di Bumi Sebiduk Sehaluan.

Limbah air lindi ini diubah menjadi Pupuk Organik Cair (POC) dengan nama "BioEnos" pupuk ini merupakan hasil kerjasama antara Stiper Belitang yang di komandoi oleh Stafsus Bidang Pertanian,  H, Sugeng bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup  OKU Timur.

Bahkan dengan  bertepatan dengan acara  peningkatan kapasitas pertanian berupa pemberian bantuan Alsintan dan bibit tanaman dari Bupati OKU  Timur yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian  OKU Timur di Desa Jayabakti Kecamatan Madang Suku I, prodak POC BioEnos dilaunching,katanya.

Feri menambahkan, melalui arahan Bupati OKU Timur untuk mengatasi kelangkaan pupuk kimia bersubsidi melalui launching POC BioEnos ini diharapkan petani yang ada di OKU Timur memiliki alternatif baru pupuk organik cair sehingga akan mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan pupuk kimia. Pupuk BioEnos ini merupakan hasil karya dari  OKU Timur  dari pemanfaatan air lindi yg ada di TPA.

"Kedepan, pak  bupati yang telah menerima ratusan penghargaan dari tingkat Provinsi smp Nasional kita akan memproduksi POC BioEnospoc  ini di dua  TPA, Belitang dan Martapura. Dengan bahan baku yg tersedia di dua TPA tersebut kita bisa menyuplai kebutuhan pupuk organik ke seluruh kelompok tani, gapoktan, Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di OKU Timur," katanya.

"Nantinya diberikan secara cuma-cuma namun dengan syarat botol kemasan dibawa kembali ke TPA untuk dilakukan isi ulang. Hal tersebut dilakukan agar mengurangi pembelian botol berulang untuk mengurangi subsidi dari Pemerintah Daerah. Dalam acara launching hari ini telah dibagikan kurang lebih 2500 botol POC  BioEnos," katanya lagi.

Share

Ads