loader

Ringankan Beban Masyarakat, Pemkab Muara Enim Resmikan Dapur Umum Covid-19

Foto

MUARA ENIM, GLOBALPLANET - Ketua Gugus tugas percepatan penanganan bencana non-alam Covid - 19 Kabupaten Muara Enim yang juga Plt. Bupati Muara Enim, H Juarsah meresmikan pembukaan dapur umum Gugus Tugas Penanganan Covid - 19 kabupaten Muara Enim, Kamis (16/04/2020) di halaman Gedung Kesenian Putri Dayang Merindu kabupaten Muara Enim.

Juarsah mengatakan pembukaan dapur umum ini adalah salah satu bentuk kepeduli Pemkab Muara Enim terhadap masyarakat ekonomi menengah ke bawah yang berpenghasilan harian dengan harapan akan membantu meringankan beban mereka selama terjadi bencana non alam Covid - 19.

"Pemkab bersama Forkompimda membuka dapur umum ini bertujuan untuk sedikit meringankan beban masyarakat kabupaten Muara Enim yang terkena dampak covid 19 secara langsung. Sebenarnya kita semua terkena dampak akan tetapi yang sangat merasakan terutama masyarakat yang berpenghasilan harian seperti tukang ojek, tukang becak, buruh harian, dan masyarakat ekonomi lemah ke bawah," ungkapnya.

Kemudian Juarsah menerangkan dikarenakan semua harus berdiam diri di rumah, Pemkab bersama Forkompimda membuka dapur ini dengan harapan akan membantu masyarakat agar dapat tetap berada di rumah untuk memutus rantai penyebaran Covid - 19 ini.

"Kita berharap semua masyarakat tetap berada di rumah dengan harapan adanya dapur umum ini akan membantu masyarakat untuk tetap tidak keluar jika tidak dalam keadaan penting hingga upaya pencegahan penyebaran covid -19 tidak masuk kabupaten Muara Enim serta memutus rantai penyebarannya dapat berjalan dengan baik. Maka dari itu dihimbau ke masyarakat untuk tetap mentaati protokol kesehatan yang berlaku,"urainya.

Selanjutnya Juarsah juga mengimbau bagi masyarakat yang baru bepergian dari luar daerah teritama daerah yang sudah terjangkit virus corona ini agar dapat melakukan isolasi mandiri dan melapor ke Tim Gugus depan.

"Untuk masyarakat yang baru bepergian ke daerah yang terjangkit covid-19 agar dapat dengan jujur dan penuh kesadaran diri untuk melakukan isolasi mandiri serta melapor dan mengecek kondisi kesehatannya ke gugus depan penanganan covid-19 di tempatnya tinggal," lanjut Juarsah.

Diketahui dapur umum ini dibuka sejak tanggal 16 - 29 April 2020 dan dibagikan di 18 titik yang ada dan pada pembukaan ini dibagikan sebanyak 500 kotak nasi di beberapa titik yang ada di kota Muara Enim. Dan pembagian nasi ini akan dibagikan di beberapa kecamatan dianataranya Muara Enim, Lawang Kidul, Ujanmas, dan beberapa kecamatan lainnya.

 

Share

Ads