loader

299 CJH Lahat Gagal Berangkat, Kecewa Setelah Menunggu Delapan Tahun

LAHAT, GLOBALPLANET - Pembatalan pemberangkatan haji tahun ini, membuat sejumlah calon jamaah kecewa. Selain telah menunggu lama, diantara calon jamaah juga banyak yang berusia lanjut. Apalagi rangkaian keberangkatan telah diikuti semua, mulai dari manasik, suntik meninghitis termasuk pelunasan biaya haji.

"Kecewa tentu ada, sudah 8 tahun menunggu, bahkan batik untuk haji juga sudah dibuat. Namun kita yakin berangkat atau tidaknya, atas izin Allah SWT," tutur Ice Apralistiana Spd MM, warga Bandar Jaya, Kota Lahat, Jumat (5/6/2020).

Sementara, Kepala Bagian Pelayanan Haji dan Umrah Kemenag Lahat, Drs H Muhammad Ghandil MM menerangkan, dari 299 calon jamaah, 248 diantaranya sudah melakukan pelunasan. Jamaah yang telah melunasi akan masuk dalam kuota keberangkatan haji di tahun 2021 M/1441H.

"Setoran pelunasan bisa diminta, kalau jamaah maupun petugas haji meminta kembali. Bagi yang sudah membuat paspor, akan dikembalikan juga. Uang setoran tersimpan oleh Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH)," terang M Ghandil.

Share

Ads