Berita :: GLOBALPLANET.news

Balobup Bupati OKU Timur Kolonel Inf H Ruslan Taimi, SE, MM dan Balonwabup dr Herly Sunawan, SH, saat foto bersama (Foto: Ist)

11 Februari 2020 19:46:15 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Selain melalui Partai Politik (Parpol) untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati (Balonbup) dan Bakal Calon Wakil Bupati (Balonwabup) juga bisa melalui jalur indenpendent (Perorangan). Salah satu pasangan Bakal Calon Bupati (Balonbup) dan Bakal Calon Wakil Bupati (Balonbup) yang melerik jalur perorangan ini Kolonel INF H Ruslan Taimi, SE, MM dan dr Herly Sunawan, SH.

Balonbup Kolonel Inf H Ruslan Taimi, SE, MM, mengatakan, memang ada rencana untuk maju melalui jalur indenpendent maupun perorang, bahkan untuk syarar indenpendent sudah siap. Namun denikian jalur Partai Politik (Parpol) tetap menjadi prioritas sebagai jalan untuk maju pada Pilkada serentak 2020 di Bumi Sebiduk Sehaluan.

"Jalur Parpol tetap jadi pilihan utama kita bahkan sekarang sudah ada lima Parpol yang menyatakan siap mendukung kita,"tambahnya.

Ruslan juga menjelaskan bukti keseriusan dirinya maju kedua jalur baik melalui Parpol maupun perorangan sudah disiapkan. Untuk melalui jalur Parpol bangunan komunikasi dengan Parpol sudah sejak lama dilakukan dan untuk syarat jalur perorangan juga sudah siap.

Untuk sosok Balonwabup tetap dr Herly Sunawan, SH tidak pernah akan diganti maupun bongkar pasang."Balonwabupnya tetap dr Herly tidak akan ada ganti-ganti saya ini latar belakang meliter sehingga saya selalu tegas,"imbuhnya.

Hingga saat inu berdasarkan poling yang ada posisi dirinya dan dr Herly masih tetap tertinggi. Selama turun di lapangan dan ketemu masyarakat, terungkap jika masyarakat membutuhkan sosok pemimpin yang tegas. Masyarakat butuh aman, sehat dan sejahtera, karena itu pilihannya jatuh ke dr Herly untuk mendampinginya memimpin OKU Timur kedepan 

"Alhamdulilah setiap kita turun sambutan masyarakat sangat luar biasa kepada kita, masyarakat hanya butuh aman, sehat dan sejahtera,"tegasnya.

Sementara Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya, S.SosI melalui Devisi Sosialisasi, Parmas dan SDM, Yuliansyah, SE, menjelaskan, penerimaan berkas calon indenpendent (Perorangan) berlangsung pada 18 Februari 2020.

Calon indenpen harus memasukan berkas, kemudian baru dilakukan ferivikasi faktual setelah badan adhoc terbentuk. Jika memenuhi syarat dukungan 8,5 persen dari jumlah DPT 487124 sehingga untuk syarat dukungan mencapai 41406 dukungan. Bukti dukungan KTP yang terbesar di 50+1 kecamatan maupun 11 kecamatan. "Mengingat kecamatan di OKU Timur 20 kecamatan," imbuhnya.

Jika syarat calon perorangan sudah terpenuhi untuk pendaftaran tetap Juni sama dengan calon yang diusung Parpol setelah dinyatakan memenuhi syarat dukungan KTP."Masa pendaftarannya sama dengan calon yang diusung Parpol,"katanya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 272