loader

157 Desa di OKI Bakal Gelar Pilkades Serentak

Foto

OKI, GLOBALPLANET. - Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten OKI, Hj. Nursula, S.Sos, melalui Kasi Pemerintahan dan Kelembagaan, Awang, saat diwawancara melalui WhatsApp, Sabtu (20/2/2021).

Lebih lanjut disampaikannya, dari 157 desa-desa yang tersebar di 18 kecamatan tersebut adapun rinciannya yakni, Kecamatan Tanjung Lubuk sebanyak 8 desa, Pedamaran 10 desa, Mesuji Makmur 11 desa, Pampangan 10 desa, Kayuagung 9 desa dan Kecamatan SP Padang 9 desa. "Lalu kemudian, Kecamatan Tulung Selapan 15 desa, Lempuing Jaya 6 desa, Lempuing 9, Air Sugihan 7, Cengal 11 dan Kecamatan Mesuji 12 desa. Selanjutnya di Kecamatan Pangkalan Lampam sebanyak 7 desa, Jejawi 10, Mesuji Raya 9, Teluk Gelam 6, Sungai Menang 5 dan Pedamaran Timur 3 desa," bebernya.

Masih katanya, untuk tahapannya sendiri sudah mulai dilakukan di tingkat kecamatan hingga desa sesuai proses yang dijalankan. Mulai dari pembentukan panitia Pilkades hingga pada proses-proses selanjutnya. "Untuk pemilihannya sendiri dijadwalkan pada bulan Agustus 2021, rencananya satu tahap. Namun hal ini juga masih menunggu persetujuan atau SK dari bupati, dengan Permen 72 tahun 2020 dan menerapkan protokol kesehatan," ungkapnya.

Terpisah Camat SP Padang, Syawal Harahap, yang merupakan salah satu Camat di Kabupaten OKI ketika diwawancara menjelaskan bahwa, untuk di Kecamatan SP Padang ada sebanyak 9 desa yang bakal menggelar Pilkades serentak di tahun 2021. Adapun diantaranya yakni, Desa Tanjung Alai, Batu Ampar, Awal Terusan, Ulak Jeremun, Terusan Menang, Bungin Tinggi, Berkat, Pematang Buluran dan Rawang Besar.

"Beberapa waktu lalu kita telah melakukan tahapan awal yakni pembentukan panitia Pilkades, di 9 desa dalam Kecamatan SP Padang dan semuanya telah terbentuk," ungkapnya sembari menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sedang menjalankan tahap pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap panitia Pilkades oleh kepala kantor urusan agama Kecamatan SP Padang, yang dihadiri oleh Unsur Tripika Kecamatan SP Padang. 

Share

Ads