loader

Pemkab OKI Perkuat Kemitraan Global untuk Memitigasi Karhutbunlah 

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir memperkuat kemitraan global untuk memitigasi Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (Karhutbunlah) secara optimal. 

Melalui program  Strengthening Indonesian Capacity for Anticipatory Peat Fire Management (SIAP IFM) Pemkab bersama NGO KEMITRAAN Indonesia,  mereplikasi pola pencegahan Karhutbunlah dengan sistem klaster yang dinilai sukses di Afrika Selatan. 
Hasbi Berliani, Program Director untuk Sustainable Governance Community KEMITRAAN mengungkap pencegahan Karhutbunlah melalui sistem klaster diterapkan pada tiga wilayah di Indonesia, yaitu Pulau Pisang, Kalimantan Tengah, Pelalawan, Riau dan Ogan Komering Ilir, Sumsel dengan dukungan UNEP dan USAID.

"Sistem klaster ini merupakan suatu pendekatan yang telah dilaksanakan di Afrika Selatan dan direflikasi di Indonesia" ujar Hasbi pada pertemuan di Kantor Bupati OKI, Selasa, (7/12).

Selain pada tataran teknis koordinasi, jelas Hasbi saat ini pemkab bersama KEMITRAAN melakukan penguatan pada tiga sisi utama.

Share

Ads