loader

Pak Kadis, Janganlah Persulit Usaha Orang dan Hambat Investasi

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Presiden Joko Widodo kembali menekankan pentingnya investasi untuk membangun sebuah Negara dan daerah, mengingat Investasi memberikan arus modal masuk, terutama ke daerah-daerah yang menjadi pusat kegiatan usaha, sehingga modal tersebut akan menggerakkan perekonomian daerah.

“Kita tidak bisa hanya mengandalkan APBN dan APBD yang porsinya hanya 23% dari PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia. Sisa 77%-nya ya digerakkan oleh pengusaha, investor,” katanya.

Terkait dengan Permasalahan izin atau regulasi di daerah yang banyak dikeluhkan investor harus diselesaikan, Ia pun mengaku kaget saat mengetahui ada Rp708 triliun investasi mangkrak.“Penyelesaian masalah investasi yang harus menjadi fokus pemerintah pusat dan daerah, Uang sebanyak itu sudah siap masuk, kok tidak dilayani,” tegasnya.

Jokowi mengingatkan bahwa investor itu tidak hanya yang asing dan memiliki modal besar, namun UMKM maupun usaha perorangan, juga investor yang harus dilayani. Oleh karena itu, Presiden menghimbau agar BKPM, DPMPTSP, seluruh pemerintah pusat dan daerah agar melayani usaha-usaha kecil itu dan mempermudah perizinannya agar para pengusaha ini mendapat akses permodalan yang lebih mudah.

“Tidak hanya melayani masyarakat, PTSP juga betul-betul bisa mengurus perizinan investasi. Dan menyelesaikan masalah yang dialami investor. Melayani investasi dan menyelesaikan masalah yang dialami investor," tambahnya

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya mengatakan, Pemprov Sumsel akan selalu mendukung penuh apapun kebijakan yang pemerintah pusat. “Sudah jelas bahwa dalam investasi ini, harapannya supaya Organisasi Perangkat Daerah (OPD/dinas) yang terkait dapat membantu memperlancar investasi, supaya ekonomi meningkat lebih melejit lagi,” katanya

OPD terkait atau dalam hal ini Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), harus dapat memberikan kemudahan dalam perizinan investasi. “Jangan ada hambatan lagi, saya akan laporan kepada Gubernur, agar nantinya memberikan arahan kepada OPD terkait, yang sifatnya untuk investasi jangan dihambat,” pungkasnya.

Share

Ads