loader

Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit Berubah Jadi Benang Dan Kain Tenun

Foto

BOGOR, GLOBALPLANET. - “Kami jalankan transfer proses teknologi biomaterial dengan kelompok tani melalui pengolahan biomassa TKKS menjadi serat panjang siap pakai sebagai bahan baku industri dan lidi sawit menjadi kerajinan asesoris (tempat pensil, sendal hotel, tempat tisu dan lain-lain).

Sementara itu transfer keilmuan juga dilakukan pada UMKM dalam menghasilkan benang dan kain tenun serat panjang termodifikasi TKKS guna meningkatkan perekonomian sekaligus memberdayakan kelompok masyarakat untuk menghasilkan barang-barang yang memiliki nilai jual,” ujar Siti seperti dilansir dari laman IPB University.

Ia mengatakan bidang keilmuan fisika material dijadikan landasan utama untuk mencari material bio yang keberadaannya banyak dan mudah diakses. Riset limbah sawit ini dimulai sejak 2012 hingga sekarang.

Pelatihan kepada UMKM merupakan  kewajiban dosen terkait tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, pengabdian). Menurutnya, kurang pas apabila melakukan riset yang  tidak menjadi produk.

“Sehingga setiap meneliti selalu ada motivasi untuk menjadikan produk agar dapat bermanfaat. Adapun pengabdian di tengah-tengah masyarakat, yang paling penting adalah adanya transfer knowledge kepada masyarakat dalam mengelola dan meningkatkan nilai jual suatu produk,” ungkapnya dilansir dari Sawit Indonesia.com.

Terdapat beberapa hambatan dalam perjalanan pengembangan limbah sawit ini, seperti pengadaan peralatan berteknologi dan pendanaan. Tapi tidak ada yang tidak terselesaikan jika kita mau bermitra, baik itu institusi kementrian, industri, UKM dan kelompok tani, tambahnya.

Share

Ads