loader

Terkonfirmasi COVID - 19 Makin Banyak, Muba Siapkan Rusunawa Jadi Rumah Sehat

Foto

MUBA, GLOBALPLANET.news - Sebagai bentuk antisipasi lanjutan, Tim Gugus Tugas COVID - 19 Muba menyiapkan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) untuk dijadikan rumah sehat.

Sekretaris Daerah Muba Drs H Apriyadi Msi, usai pengecekan RusunNawa, mengatakan, RusunNawa sangatlah cocok dan baik, apalagi lokasinya jauh dari pemukiman penduduk, untuk itu dipersiapkan menjadi Rumah Sehat COVID - 19. 

Hal itu dilakukan, sebab dalam satu minggu belakangan kasus terkonfirmasi mengalami lonjakan yang tinggi, dan membutuhkan daya tampung sangatlah banyak. “Solusinya ialah Rusunawa dijadikan Rumah Sehat COVID - 19 ini dibawah kendali Dinas Kesehatan (Dinkes), dan aman jauh dari permukiman,” ujar dia, Minggu (27/9/2020).

Tambahnya, pihaknya pun mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protocol kesehatan. “Menerapkan 3 M, Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak. Disamping itu pula kita tetap menjalankan sidang Yustisi mengenai Perbup No 67 Tahun 2020, serta memberikan sanksi tegas kepada yang melanggar, siapa pun itu, kita tidak pandang bulu,” beber dia

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), dr H Azmi Dariusmansyah MARs, mengatakan, terdata memang kasus terkonfirmasi COVID - 19 dalam satu Minggu mengalami lonjakan, baik dari masyarakat maupun ASN. 

“Jumlahnya nyaris sama dengan ASN dan masyarakat biasa, sekitar 75 persen yang terdata saat ini,” terang Azmi.

Untuk mengantipasi lonjakan yang lebih besar, dalam satu bulan kedepan atau akhir tahun 2020, pihaknya meminjam gedung RusunNawa yang berada di Jalan AMD Kelurahan Balai Agung Kecamatan Sekayu. 

“Jumlah terkonfirmasi di rumah sehat yang ada di Asrama Haji saat ini bisa dikatakan nyaris Full, oleh karena itu kita inisiatif meminjam gedung RusunNawa untuk dijadikan Rumah Sehat yang baru,” jelas dia.

Lebih lanjut Azmi mengatakan, pengecekan Rusunawa telah dilakukan dan dinyatakan sangat cocok untuk Rumah Sehat, dan rekomendasi langsung oleh Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin sudah dikeluarkan.

"Gedungnya telah dilakukan pembersihan, begitu juga PDAM sudah ada, listrik pun sudah terpasang. Sudah kita Fogging dan disemprot Disenfektan, kemudian petugas diposisikan 8 orang perawat dan 2 orang dokter kita siapkan," terang dia.

"Lalu, satu unit mobil Ambulance disiapkan, intinya sudah siap 100 persen, begitu juga jumlah tempat tidur ada 132 unit terdiri dari tiga lantai, ruang olahraga pun kita sudah siapkan,” tandas dia.

 

Share

Ads