loader

Sampah Malam Tahun Baru di Palembang Berserakan

Foto

PALEMBANG, GLOBALPL - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Palembang, Alex Fernandus ketika dihubungi mengatakan, sampah malam tahun baru yang terkumpul oleh personil petugas DLHK sebanyak satu ton.

"Untuk di area Jembatan Ampera sudah dari subuh kami gerakkan petugas, enggak sampai satu ton di sini. Petugas kami juga tersebar ada di titik-titik lain. Kami usahkan tidak sampai sore kita kita telah bebas sampah. Tahun ini juga volume sampah yang dihasilkan masyarakat pada pergantian tahun cenderung sedikit," ungkap Alex, Rabu (1/1/2020).

Alex melanjutkan, secara total sampah yang kumpulkan belum bisa dipastikan. Sebab saat ini masih proses penumpukan dari lokasi-lokasi rawan sampah di titik keramaian warga Palembang.

"Yang jelas untuk membandingkan dari tahun sebelumnya, ada pengurangan. Memang masih bertumpuk, tapi sepertinya menurun kesadaran masyarakat sudah mulai baik. Kemungkinan tidak sampai belasan ton di seluruh titik rawan," tegasnya.

Pantauan dilapangan sekitar pukul 07:00 WIB pasukan kuning masih membersihkan sampah di atas jembatan Ampera. Baru pukul 10:15 WIB jembatan Ampera dan BKB sudah bersih dari sampah, dan para pasukan kuning tak nampak lagi di sekitar lokasi.

Alex menambahkan, biasanya, titik rawan tumpukan sampah di Palembang yang sering terjadi yakni di sudut meliputi lokasi pelataran BKB, Kambang Iwak, Bundaran Air mancur depan Masjid Agung dan Jembatan Ampera. Serta beberapa kawasan lain di atas Jembatan Musi 4 juga di Rotunda Jakabaring.

Share

Ads