loader

DLH Empat Lawang Kerahkan Alat Berat Atasi Tumpukan Sampah

Foto

EMPAT LAWANG, GLOBALPLANET - Berbagai jenis sampah rumah tangga, terlihat menumpuk akibat ulah oknum masyarakat yang sengaja membuang sampah sembarangan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Irtansi melalui Kabid Pengolahan Sampah, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Sukarno mengatakan pihaknya saat mengetahui tumpukan sampah itu langsung mendatangi lokasi dan mengerahkan alat berat.

"Kami gusur sampah itu menggunakan Beko Loder dan langsung diangkut ke pembuangan akhir agar tidak terjadi lagi penumpukan dan mengeluarkan bau yang tidak sedap," kata Sukarno, Senin (27/4).

Ia menyayangkan ulah oknum yang masih saja mengotori Empat Lawang dengan tidak tertib membuang sampah. Padahal sudah disiapkan kontainer sampah khusus di Pasar Pulo Emas tersebut.

"Saat ini ada satu kontainer yang di tempatkan  di Pasar Pulo Emas, yang diangkut secara rutin apabila sudah penuh. Namum masih ada saja oknum yang tidak taat dan membuang sembarangan. Sumber sampah ini kebanyakan dari para pedagang dan masyarakat di sekitar," katanya.

Untuk Sanksi lanjut Sukarno, pihaknya belum bisa menindak tegas para oknum karena yang menjadi dasar yaitu Peraturan Daerah (Perda) sampai saat ini masih dalam tahap koreksi. "Iya , Perda Sampah masih di Koreksi Biro Hukum Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)," jelasnya.

Sementara, Ongki salah seorang warga mengatakan seharusnya pemerintah mempunyai solusi yang tepat agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan lagi. "Ya seperti perda buang sampah sembarangan Mungkin dengan sanksi masyarakat bisa jerah dan tidak akan sembarangan buang sampah," katanya.

Share

Ads