loader

Terapkan Sistem Pentahelix Untuk Penanggulangan Bencana

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Acara tersebut diseIenggarakan oleh BNPB (Badan Nasiona| Penanggulangan Bencana) di SentuI International Convention Center, Bogor, Jawa Barat dengan mengambil tema "Penanggulangan Bencana Urusan Bersama: Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita" 

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo didampingi Kepala BNPB Letjen TNI Doni Munardo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi ldham Aziz, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, Seskab Pramono Anung dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil 

Dalam arahannya terkait penanggulangan bencana Presiden menyampaikan beberapa poin perintah kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah daerah diantaranya.

Sinergi pemerintah pusat dan daerah untuk upaya pencegahan, mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan dan setiap Kepala Daerah harus segera menyusun rencana kontinjensi.

Penanggulangan bencana harus dilaksanakan dengan pendekatan kolaboratif, 'Pentahelix‘ yaitu kolaborasi antara unsur pemerintah, akademisi dan peneliti, dunia usaha, masyarakat, serta dukungan media massa untuk dapat menyampaikan pemberitaan kepada publik.

Pemerintah pusat dan daerah harus meningkatkan kepemimpinan, pengembangan SDM yang handal, dan penataan kelembagaan yang mumpuni. Kemudian TNI/Polri untuk turut serta dalam mendukung upaya penanggulangan bencana termasuk penegakan hukum dengan bersinergi, baik bersama pemerintah pusat dan daerah 

Acara ini dihadiri berbagai Iembaga yang berkaitan dengan penanganan bencana seperti Basarnas, TNI, Polri, Pemda, BPBD hingga Pramuka. 

Share

Ads