loader

IKM OKI Diminta Utamakan Kualitas Produk dan Merk Kemasan

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Ir. Hj. Erlina Rizar, MM, pada saat menyampaikan kata sambutannya dalam acara penyerahan bantuan mesin dan peralatan produksi Industri Kecil Menengah (IKM), kepada Kelompok Usaha Bersama (UKB) pengolahan perikanan, di halaman kantor Dinas Koperasi, UKM, dan Perindustrian Kabupaten OKI, Kamis (3/12/2020).

Lebih lanjut Erlina mengatakan, Dinas Perindustrian Provinsi Sumsel memiliki "Rumah Kemasan SumSel" yang merupakan sebuah inovasi untuk membantu para pelaku IKM dengan empat pelayanan, adapun diantaranya yakni, pembuatan izin usaha, perlindungan hak merk, sertifikasi halal dan pembuatan desain produk.

"Dengan begitu, para pelaku IKM dapat terus berinovasi dalam meningkatkan kreativitas pada produk yang mereka hasilkan, dengan mengutamakan kualitas pada merk dagang yang mereka tampilkan. Sehingga nantinya akan tercipta ekosistem usaha yang berkesinambungan dan memiliki bergaining power atau daya tawar yang tinggi dalam pemasarannya," jelas Erlina

Pada kegiatan yang menerapkan Protokol Kesehatan (ProKes) secara displin tersebut, Pemerintah Kabupaten OKI, melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Perindustrian menyalurkan bantuan mesin dan peralatan produksi IKM, kepada 10 UKB pengolahan perikanan. Bantuan tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk membantu pemulihan ekonomi pada masa pandemi Covid-19.

"Penyerahan bantuan ini sebagai upaya dari pemerintahan, untuk akselerasi pemulihan ekonomi dan meningkatkan kualitas serta inovasi, bagi para pelaku IKM khususnya di Kabupaten OKI," ungkapnya.

Selain dari pada itu, melalui kegiatan semacam ini Pemprov Sumsel berharap mampu memberikan kemudahan, untuk mengetahui program pembinaan dan pemberdayaan IKM di wilayah Provinsi Sumsel.

Sementara itu, Bupati OKI, H. Iskandar, SE, melalui Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Fahrul Rozi, S.Sos, MM, menyampaikan program bantuan bagi IKM ini dilandasi dengan kebijakan strategis.

“Kedepannya, eksistensi IKM dapat memberikan kontribusi optimal melalui pengembangan home industri, kelompok industri pengolahan pangan dan sentra-sentra ekonomi kreatif," kata Fahrul.

Ditambahkannya juga, bagi masyarakat di Kabupaten OKI diharapkan untuk dapat mencintai produk-produk lokal yang dihasilkan ataupun di produksi di OKI, sehingga hal ini nantinya dapat meningkatkan omset pagi para pelaku IKM di yang berada di Bumi Bende Seguguk.

"Pemkab OKI sangat berharap agar produk dari daerah kita mampu menembus pasar nasional bahkan internasional," harapnya.

Adapun 10 Kelompok Usaha Bersama (KUB) pengolahan perikanan dilingkungan Kabupaten OKI, yang menerima bantuan mesin dan peralatan produksi IKM yakni,

- KUB Kemplang Carom

- KUB Pempek Imey

- KUB Kerupuk Kemplang Deva Aminah

- KUB Sambel Inkung Uber

- KUB Pempek U & I

- KUB Terasi Cipta Tani Mandiri Kecamatan Cengal

- KUB Terasi Pedada Mandiri, Kecamatan Tulung Selapan

- KUB Ganevo Keletekan

- KUB Terasi Pedada Jaya Mandiri

- KUB Terasi Selapan mandiri.

IKM

Share

Ads