loader

Ketua TP PKK OKU Timur, Edukasi  B2SA Penting

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Dinas Ketahanan Pangan (Disketpang) dan Perternakan Provinsi Sumsel menggelar sosialisasi B2SA Goes To Shocol. Dalam rangka meningkatkan kesadaran makan sehat dan bergizi seimbang bagi kalangan pelajar.

Demikian diungkapkan, Kasi Penganekaragaman Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (Disketpang)  Sumsel, Lasmi Yamin, SPi.

Kegiatan ini bertempat dì SMPN 1 Martapura, kegiatan ini dìhadiri  Ketua TP PKK OKU Timur dr Hj Sheila Noberta, pada  (03/05/2024).

B2SA Go To School ini dìisi berbagai kegiatan diantaranya, Dongeng, Edukasi Interaktif, Pemberian Merchandise, Pemberian Pangan B2SA dan Penyerahan Media Promosi.

"Tujuan kegiatan ini memberikan sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya makanan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA),"katanya.

B2SA goes to school ini berlangsung dì dua titik. Pertama dì SDN 20 Martapura pada Kamis 02 Mei 2024.

Kemudian, berlangjut ke SMPN 1 Martapura, Jumat, 03 Mei 2024. "Ini merupakan salah satu program Badan Pangan Nasional serta Dìnas Ketahanan Pangan dan Perternakan Sumsel,"jelasnya.

Selain edukasi, kegiatan ini juga untuk memberikan wawasan tentang makanan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) kepada pelajar. Sehingga bisa mengerti apa itu makanan B2SA.

"Anak-anak kita harapkan tidak hanya makan kenyang, tetapi harus sehat dengan beragam gizi seimbang,"imbuhnya.

Selain itu, anak-anak juga dìharapkan tidak harus makan dengan makanan yang mahal. Tetapi bisa makan dengan biaya murah, tapi tetap sehat.

"Contohnya dengan berbasis makanan lokal diantara  buah pepaya, ubi-ubian, jagung dan lain sebagainya. Tidak harus anggur dan apel yang harganya mahal,"ungkapnya.

Selain buah-buahan, anak-anak juga wajib mengkonsumsi makanan sayuran yang bisa dìtanam dì sekitar rumah."Inilah manfaat dari program gerakan mandiri pangan yang dìcanangkan Pemerintah Provinsi Sumsel,"imbuhnya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan  guru dapat mengedukasi pelajar dan menerapkan pangan B2SA dì sekolah.
"Mulai dari penerapan makanan dì kantin hingga makanan anak saat dì rumah. Bukan hanya kenyang tapi harus sehat,"imbuhnya.

Sementara, Ketua TP PKK OKU Timur, dr Hj Sheila Noberta SpA MKes menambahkan, edukasi tentang Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA)  penting.

Supaya  kesehatan tubuh terjaga, pertumbuhan anak sempurna, zat gizi tersimpan, dan aktivitas fungsi kehidupan sehari-hari berjalan optimal.

"Modal utama belajar itu  sehat. Jika pusing, mengantuk, lemas, letih dan demam, bagaimana akan belajar dengan baik,,"jelasnya.

Untuk itu dari sekarang anak-anak harus memiliki  kesadaran untuk mengkonsumsi pangan B2SA."Membawa bekal ke sekolah harus B2SA, makan dì rumah juga harus B2SA. Sebab tidak seluruh makanan memenuhi semua nilai gizi, makanya harus beragam,"ungkapnya.

Kepala SMPN 1 Martapura, Hj, Sugiyani Natalia, MPd, berharap kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi warga sekolah.

Baik untuk pelajar, guru maupun yang berjualan di kantin sekolah. "Semoga anak-anak dapat menyerap wawasan tentang makanan sehat bergizi seimbang ini dengan baik,"terangnya.

Share

Ads