loader

Yudha: Gedung Perpustakaan Tak Sekadar Kantor, Tapi Tempat Belajar Anak-Anak

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Kantor perpustakaan yang baru saja diresmikan diharapkan tidak hanya sekedar kantor tapi dijadikan tempat belajar untuk anak-anak. Demikian dikatakan Wakil Bupati OKU Timur, HM, Adi Nugraha Purna Yudha, SH, saat meresmikan gedung baru Perpustakaan yang merupakan bantuan dari perpustakaan nasional, Rabu (07/08/2024).

“Gedung ini diresmikan agar segera dapat beroperasi. Gedung perpustakaan ini menjadi salah satu simbol peradaban masyarakat OKU Timur,” katanya.

Indeks kinerja sebuah kabupaten juga diukur dari adanya perpustakaan. "Kita hadir disini untuk memfasilitasi agar literasi masyarakat OKU Timur bisa meningkat lagi," ungkapnya.

Gedung ini memiliki ruangan pertemuan dan seluruh masyarakat bisa berkegiatan, berkreasi, dan berinovasi, karena gedung ini milik masyarakat.

Wabup juga meresmikan maupun melaunching Srikandi yakni Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi berkerjasama dengan Dinas Kominfo OKU Timur.

Direktur Akreditasi Perpustakaan Nasional Drs, Siprioanto, MSi, mengatakan perpustakaan merupakan urusan wajib pemerintah bukan pelayanan dasar. Ini merupakan bantuan dan alokasi khusus perpustakaan nasional dalam rangka memberikan pelayanan.

"Kedepan kami berharap dengan adanya gedung ini ada peningkatan dalam pelayanan perpustakaan dan peningkatan kegemaran membaca," terangnya.

Sedangkan Bunda Literasi OKU Timur dr, Sheila Noberta, SpA, MKes, menjelaskan gedung perpustakaan semewah ini diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat dalam meliterasi diri.

"Jangan sampai gedung yang mewah tapi tidak bermanfaat bagi masyarakat, diharapkan angka literasi di OKU Timur terus meningkat sehingga angka kecerdasan masyarakat juga meningkat,” ujarnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan OKU Timur Sopian Hadi mengatakan bahwa gedung perpustakaan ini tidak hanya sebagai tempat membaca dan meminjam buku, tetapi juga sebagai tempat kegiatan untuk masyarakat.

“Gedung ini sudah dilengkapi dengan perpustakaan digital dan dapat digunakan untuk berbagai kegiatan rapat, Musda, kuliah umum dan lain sebagainya,” jelasnya.

Dengan diresmikannya Gedung Perpustakaan Daerah OKU Timur, diharapkan akan memberikan dampak positif bagi peningkatan literasi masyarakat serta menyediakan sarana yang memadai untuk pengembangan potensi dan pengetahuan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Share

Ads