loader

Pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Gabung Klub Korea Selatan

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - "Pada tanggal 19, sudah diputuskan untuk mendatangkan pemain bertahan tim nasional Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar. Kontrak diatur dengan durasi 1 tahun (dengan opsi perpanjangan 1 tahun)," kata salah satu petingginya Ansan, Joo Chan-yong, dikutip dari detikcom, Sabtu (23/1/2021).

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, rupanya memang sangat menyarankan pemain asal Makassar itu untuk bisa berkiprah di K-League.

"Sebagai seorang pemain bertahan, dia merupakan pemain dengan determinasi dan semangat," kata Shin Tae-yong di KBS.

"Sebagai pemain yang menjanjikan, yang menembus Timnas dengan usianya di Indonesia, dia saat ini aktif bermain di Timnas U-23 dan Timnas senior. Dia beroperasi di sisi kanan pertahanan dan kemampuan bertahannya luar biasa dengan menempel pemain depan di hadapannya agar tak bisa menunjukkan kemampuannya dengan baik," kata dia menambahkan lagi.

PSM Makassar, klub Asnawi, memberi respons baik. Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim, yang memberikan tanggapan mengenai kabar Asnawi akan pindah ke klub K-League 2 itu.

"Masih sebatas rumor. Bukan informasi resmi, setelah kami telusuri, rumor ini berkembang pertama kali lewat media online di Korea Selatan, jadi sejauh ini kami belum bisa memberi konfirmasi apa-apa," kata Sulaiman saat dikonfirmasi pewarta, Jumat (21/1/2021)

Sulaiman mengatakan Juku Eja akan mendukung Asnawi jika ingin berkarir diluar negeri. Apalagi pemain bertahan timnas Indonesia itu masih sangat muda dan kondisi sepakbola dalam negeri dinilainya masih tak pasti.

"Kalau ada peluang untuk pengembangan karier pemain, ya itu bagus untuk pemain. PSM sendiri mendukung perkembangan pemain muda yang berkarier terutama untuk bermain di luar negeri, apalagi dengan kondisi sepakbola dalam negeri yang belum pasti," jelasnya.

Lebih lanjut rumor tersebut juga bagus jika Asnawi dilirik oleh klub luar negeri. Asnawi bahkan disebut sebagai ikon PSM Makassar.

"Tapi ini adalah sesuatu yang bagus karena pemain muda asli produk PSM Makassar dan bisa dikatakan sebagai ikon PSM, dikait-kaitkan dengan klub luar negeri," terangnya.

Bagaimana sebenarnya torehan Ansan Greeners dalam sepakbola Korsel? Yuk kita mengenal lebih dekat.

Ansan termasuk klub baru di Korsel. Tim berjuluk Green Wolves ini baru didirikan empat tahun silam pada 2017 oleh pemerintah Kota Ansan.

Ansan berkandang di Ansan Wa Stadium yang berkapasitas 35.000 tempat duduk. Mereka langsung berkiprah di K League 2 pada musim 2017.

Pada musim debutnya di K League 2. tersebut, Ansan berhasil finis di posisi ke-9 di bawah besutan Lee Heung-sil. Lee merupakan legenda di timnas Korsel.

Torehan serupa dicatatkan Ansan pada musim 2018. Lonjakan prestasi dibuat Ansan pada musim 2019 dengan finis di posisi ke-5. Sementara musim lalu, Ansan menduduki peringkat ke-7.

Dikutip dari Transfermarkt, Ansan Greeners saat ini dilatih oleh Kim Gil-sik. Pelatih 42 tahun ini punya pengalaman yang sangat baik dalam mengembangkan pemain muda. Kim merupakan mantan asisten pelatih di timnas Korsel U-16 dan U-17.

Share

Ads