loader

Timnas Indonesia vs Argentina di FIFA Matchday, Shin Tae-yong: Penting untuk Uji Kekuatan

Foto
Pelatih kepala timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY). (Foto: PSSI)

JAKARTA, GLOBALPLANET - Pelatih Shin Tae-yong mengungkapkan rasa bahagianya, timnas Argentina akan menjadi lawan timnas Indonesia di FIFA Matchday mendatang. Laga itu akan digelar setelah skuad Garuda bertanding melawan timnas Palestina.

Menurut pelatih asal Korea Selatan itu, kedua laga tersebut penting dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan kekuatan timnas Indonesia saat ini, sekaligus persiapan dalam menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

'’Saya senang, timnas mendapat dua lawan sepadan dalam FIFA matchday. Ini penting untuk menguji kekuatan Indonesia," ujar Shin Tae-yong dikutip dari keterangan resmi PSSI, Kamis, 25 Mei 2023.

Pasukan Merah Putih akan lebih dulu bertanding melawan Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada 14 Juni 2023. Setelah itu, mereka baru menjamu Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada 19 Juni 2023.

Berikutnya, timnas Indonesia bakal kembali dihadapkan dengan agenda FIFA Matchday pada 4-12 September 2023, kemudian dilanjutkan dengan putaran pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada 9-17 Oktober 2023.

Shin Tae-yong menilai Palestina dan Argentina sama-sama merupakan tim kuat. Ia berencana memanggil sejumlah pemain lokal maupun yang berkarier di luar negeri untuk bergabung dalam pemusatan latihan (TC) pada Senin, 5 Juni 2023 mendatang.

"Palestina tim kuat. Apalagi Argentina, juara dunia dan banyak pemain bintang di skuad itu. Saya juga ucapkan terima kasih kepada Pak Erick Thohir akhirnya bisa datangkan tim Argentina. Luar biasa Pak Erick," kata Shin Tae-yong.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir sebelumnya berencana untuk mendatangkan satu tim nasional selevel Argentina ke Tanah Air setiap tahun. Saat ini, dia telah berkomunikasi dengan Federasi Sepak Bola Portugal hingga Brasil.

"Saya sudah kontak dan dapat respons positif dari Maroko, Brasil, Portugal, Rusia, tapi kami hanya bisa pilih satu lawan setiap tahun. Kalau melawan tim kayak mereka terus, kapan Indonesia naik rangkingnya," ucap Erick Thohir dalam sesi konferensi pers di ruang VIP Barat SUGBK, Senayan, Jakarta, Rabu, 24 Mei 2023.

 

Penulis : M Bayu Dwi Saputra

Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang

 

 

Disclaimer: Artikel dan isi tanggung jawab penulis

Share

Ads