loader

Indonesia Akhirnya Lolos Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Foto

DOHA, GLOBALPLANET - Timnas Indonesia dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Kepastian itu diperoleh, setelah kesebelasan Tajikistan bermain imbang melawan Oman pada laga terakhir Grup F.

Kedua tim bermain imbang 1-1. Hasil itu membuat Timnas Indonesia mengambil slot terakhir peringkat tiga terbaik.

Indonesia berada di peringkat ketiga Grup D usai mengumumpulkan tiga poin dari tiga laga. Indonesia menutup pertandingan fase grup dengan satu kemenangan dan dua kekalahan.

Pasukan Shin Tae-yong kalah 1-3 dari Irak, menang 1-0 atas Vietnam dan kalah 3-1 dari Jepang.

Sedangkan Oman hanya punya dua poin, buntut hasil imbang kontra Kirgistan. Indonesia lolos bersama tiga tim peringkat ketiga terbaik lainnya yakni Yordania, Palestina, dan Suriah.

Duel Tajikistan dan Oman memang menjadi satu-satunya harapan yang tersisa bagi Timnas Indonesia, setelah awalnya bergantung beberapa skenario.

Sebelumnya, ada sejumlah skenario yang bisa menjamin kelolosan timnas Indonesia ke 16 besar sebelum dikalahkan Jepang.

Pertama adalah laga Grup B Suriah vs India berakhir imbang atau India menang tidak lebih dari tiga gol. Halaman Selanjutnya Skenario itu tak terpenuhi, karena Suriah melibas India 1-0.

Skenario itu tak terpenuhi, karena Suriah melibas India 1-0. Lalu, partai Hong Kong vs Palestina juga bisa "membantu" Indonesia lolos ke 16 besar, andai berujung tanpa pemenang alias imbang.

Namun, pada kenyataannya, Palestina sukses mengalahkan Hong Kong. Kemudian, Indonesia yang berharap dari duel Grup E antara Yordania lawan Bahrain.

Harapannya, Yordania bisa mengalahkan Bahrain mendapatkan hasil sebaliknya.

Bahrain gebuk Yordania 1-0 lewat gol semata wayang Abdulla Yusuf Helal pada menit ke-34

Share

Ads