loader

Update Hibah Pilkada: KPU Rp10,088 T, Bawaslu Rp3,415 T, dan PAM Rp760 M

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Hal tersebut, Dirjen Bina Keuangan Daerah Mochamad Ardian Noervianto melalui pesan singkat, Selasa malam (8/9/2020). Lebih lanjut, ia menuturkan untuk KPU bahwa ada 249 daerah yang menyalurkan dana hibah kepada KPU 100% di dalamnya ada Prov Kalteng, Prov Kaltara, Prov Kalsel, Prov Sumbar, Prov Kepri, Prov Jambi, Prov Bengkulu, Prov Sulawesi Tengah dan Prov Sulawesi Utara. 

Masih terdapat 21 daerah yang realisasinya masih terdapat kekurangan transfer, yaitu: Kota Ternate, Kota Bontang  Kab. Yalimo, Kab. Way Kanan, Kab. Paser, Kab. Timor Tengah Utara Kab. Luwu Utara, Kab. Merauke, Kab. Manokwari, Kab. Sumba Barat, Kab. Karang Asem, Kab. Maros, Kab. Raja Ampat, Kab. Ogan Komering Ulu Timur, Kab. Pulau Taliabu, Kab. Waropen, Kab. Supiori, Kab. Pohuwato, Kota Bandar Lampung, Kab. Boven Digoel, Kab. Gorontalo, Kab. Minahasa Utara, dan Kab. Keerom.

“Selain itu masih terdapat 21 Pemda yang transfernya di bawah 100% (di dalamnya terdapat 3 pemda yang transfernya masih di bawah 60% yaitu: Kab. Gorontalo (58,66%), Kab. Minahasa Utara (50,00%) dan Kab. Keerom  (45,00%)),” ungkapnya.

Untuk realisasi kepada Bawaslu Ardian menuturkan data sampai saat ini terdapat 253 Pemda yang telah 100% yakni Kalteng, Kaltara, Kalsel, Sumbar, Prov Kepri, Jambi,  Bengkulu, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Utara.

Selain itu, masih ada 17 Pemda yang realisasinya masih terdapat kekurangan transfer, yaitu Manokwari Selatan, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumba Barat, Boven Digoel, Merauke, Supiori, Maros, Pulau Taliabu, Gorontalo, Halmahera Utara, Luwu Utara, Raja Ampat, Pegunungan Bintang, Kota Bandar Lampung, Keerom, Waropen, dan Minahasa Utara.

“Terdapat 17 Pemda yang transfernya di bawah 100% ((di dalamnya terdapat 2 pemda yg transfernya kurang dari 60%, yaitu: Waropen (57,33%) dan Minahasa Utara  (50.00%)),” urainya.

Ardian juga menyampaikan  penganggaran untuk pengamanan sampai saat ini sudah 82 Pemda (di dalamnya ada Prov Sumbar, Prov Jambi dan Prov Kalteng) telah 100% transfer ke Pihak PAM.

Share

Ads