loader

Pemilu 2024 Mendekat, Gen Z Mempunyai Potensi Suara Besar

Foto

PEMILIHAN - umum kali ini akan meriah karena akan menjadi momen bersejarah untuk kaum muda atau Gen Z. Mengapa demikian? Karena mereka akan menjadi kunci dalam menyukseskan pemilu 2024, mereka akan memilih dalam pemilu untuk pertama kalinya. 

Pemilu 2024 akan menjadi ajang bagi generasi Z untuk menentukan arah masa depan Indonesia dan menjadi bagian dari perubahan yang sangat istimewa di negara Republik ini. Generasi Z memiliki pengaruh tersendiri dalam pemilu selain karena jumlahnya yang cukup banyak, generasi Z juga hidup pada era informasi di mana segala sesuatunya menggunakan internet atau media online.

Generasi Z menjadi salah satu kelompok pemilih suara yang besar saat Pemilu 2024 berlangsung, yakni generasi Z atau i-generation merupakan aset pemilu dengan populasi penduduk yang besar serta suara penentu kemenangan dengan komposisi suara tertinggi dalam Pemilu 2024. Jika dikaitkan dengan pelaksanaan Pemilu 2024, tentunya peranan dari generasi Z tidak bisa dipandang sebelah mata. Dalam perkembangannya Generasi Z mulai berperan aktif dalam menunjukan antusiasme untuk mengikuti pemilu 2024, kemungkinan pastisipasi Generasi Z Sebanyak 40%.

Sampai sekarang pemilihan umum masih dianggap sebagai suatu hal yang sangat penting di setiap negara. Hal ini karena berdemokrasi melibatkan seluruh warga negara  secara langsung. Melalui pemilu, rakyat juga bisa menyampaikan keinginan dalam politik atau sistem kenegaraan. Untuk memenangkan pemilu, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah memiliki perolehan suara terbanyak dari pemilih berdasarkan prosedur pemilu yang ditetapkan. Suara penentu kemenangan tersebut terdiri dari beberapa lapisan masyarakat dengan generasi yang berbeda-beda. Contohnya suara generasi Z dalam Pemilu 2024 yang akan datang.

 

 

Penulis: Muhammad Berlaf
Mahasiswa Ilmu Politik FISIP UIN Raden Fatah Palembang 

 

Disclaimer: Artikel dan isi tanggung jawab penulis

Share

Ads