loader

Caleg Nilai Pleno Rekapitulasi Hasil Suara Tingkat PPK di OKU Timur Diduga   Banyak Kecurangan

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 di Bumi Sebiduk Sehaluan, diduga banyak kecurangan sehingga merugikan Calon Legeslatif (Caleg).

Bahkan berdasarkan hasil temuan saksi Parpol ada C Plano yang sudah ditipe x sehingga ini berpotensi merugikan Caleg.
Karena  itu KPU OKU Timur sebagai penyelenggara pesta demokrasi lima tahunan dihimbau ada kebijkan yang tidak merugikan Caleg.

Caleg DPRD OKU Timur dari  Partai Amanat Nasional (PAN) Andi Fernando, SPd, pada Sabtu (25/02/2024) sore, mengatakan Caleg menilai diduga banyak kecurangan saat Pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat PPK. Untuk itu dia menghimbau kepada KPU OKU Timur,  karena banyaknya temuan terjadi  ditingkat pleno PPK. Sehingga Caleg tidak percaya lagi dengan hasil perolehan suara baik yang ada di  C saliman  maupun C hasil plano.

"Yang kita ketahui suara rakyat yang ada di kotak suara dihitung ulang. Karena ternyata C plano sudah ditipe x sehingga jika memang KPU ingin asumsi masyarakat
bersih dari manipulasi KPU harus ada kebijakan yang tidak merugikan Caleg,"terangnya.

Dia mencontohkan disalah satu TPS yang ada di OKU Timur, jumlah hasil suara jika dijumlah 23 namun setelah diperiksa saksi ternyata sudah ditipe x dimasukan kesalah satu Caleg tertentu alasan pihak PPK untuk melengkapi agar  menjadi 24.  Jika memang benar tidak ada penambahan kog ini ditambah sehingga menjadi pertanyaan dikalangan Caleg dan masyarakat.

Kondisi ini tentu membuat Caleg tidak percaya di C salinan dan C  hasil Plano dan hanya percaya disurat suara yang ada di kotak suara. Sehingga kotak suara yang ada harus dibuka agar transparan. Bahkan harus dilakukan ulang beberapa TPS. Karena hitung ulang diperbolehkan jika memang ditemukan kecurangan,katanya.

Share

Ads