loader

Ahok Maju Pilgub Sumut Tak Bikin Lawan-lawan Getar

Foto
(Foto: Istimewa)

POLITIKUS - PDIP Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tengah santer dilirik untuk maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut). Dorongan Ahok maju Pilgub Sumut ini ternyata tidak membuat partai lain takut.

Ramai Ahok maju di Pilgub Sumut ini bermula dari Ketua DPD PDIP Sumut, Rapidin Simbolon, yang mengaku telah berkomunikasi dengan Ahok. Dia menyatakan Ahok siap untuk maju di Pilgub Sumut.

Rapidin mengatakan nama Ahok telah turut dipertimbangkan dan digodok dalam Pilgub Sumut. Rapidin mengatakan setiap hari partainya selalu mempelajari dinamika-dinamika politik yang terjadi menjelang pilkada.

Ahok lantas buka suara terkait dorongan maju Pilgub Sumut tersebut. Dia menunggu surat tugas dari DPP PDIP terkait Pilgub Sumut.

Ahok mengatakan hanya akan menunggu tugas dari partai. Ahok menilai keputusan berada di partai.

Ahok juga sempat mengaku tidak begitu memahami wilayah Sumatera Utara. Dia juga tidak pernah bicara soal Pilkada 2024 ketika berjumpa dengan Megawati.

Adapun reaksi partai - partai lain seperti partai PAN mengaku tidak gentar dengan dorongan kepada Ahok untuk bersaing di Pilgub Sumut. PAN menilai Ahok tidak begitu kuat di Medan.

Ketua DPP PAN, Saleh Partaonan Daulay di Gedung DPR RI.mengatakan usulan Ahok maju tersebut masih sebatas wacana. Tetapi dirinya mengapresiasi jika banyak opsi calon pemimpin di Sumut nantinya.

Ketua Fraksi PAN DPR ini mengatakan PAN sendiri telah memberikan dukungan kepada Bobby Nasution sejak jauh hari untuk di Pilgub Sumut. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sendiri telah menugaskan Bobby melakukan komunikasi politik dengan partai yang ada.

Tak cuma PAN, Gerindra juga tidak gentar dengan dorongan Ahok maju Pilgub Sumut. Sekretaris DPD Gerindra Sumut Sugiat Santoso, menegaskan pihaknya akan memprioritaskan Wali Kota Medan sekaligus eks Kader PDIP, Bobby Nasution, untuk maju di Sumut 1.

Proses di internal Partai Gerindra sedang berjalan. Pasca menjadi kader partai, Bobby Nasution menjadi prioritas utama kami untuk dimajukan pada Pilgubsu 2024.

Sugiat tak masalah jika Ahok nantinya betul-betul maju cagub Sumut. Dia mengungkit pesan Ketua Umum (Ketum) Gerindra Prabowo Subianto bahwa pemilu harus dimaknai sebagai ajang untuk melayani terbaik kepada masyarakat. Pilkada harus dimaknai sebagai upaya berlomba lomba dalam berbuat kebaikan di tengah masyarakat.

Sugiat menganggap tokoh-tokoh yang namanya masuk bursa cagub Sumut patut diperhitungkan dan baik bagi terciptanya demokrasi.

 

 

 

Penulis: Saptah

Mahasiswi Ilmu Politik UIN Raden Fatah Palembang

 

 

Share

Ads