loader

Beredar Video Dukungan Terhadap Petahana, Bawaslu OKU Timur Periksa Camat BMT dan Kades

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Setelah beredar video dukungan terhadap pasangan petahana oleh beberapa Kepala desa (Kades) Kecamatan Buay Madang Timur (BMT) untuk itu Bawaslu OKU Timur memanggil dan memeriksa Camat Muhammad Andries, S.IP dan Kades.

Pemeriksaan berlangsung pada Minggu (15/09/2024) di Kantor Bawaslu OKU Timur yang berada di Martapura. Pemeriksaan dilakukan Bawaslu secara tertutup.

Video pernyataan dukungan terhadap petahana, Ir, H, Lanosin, MT dan HM, Adi Nugraha Purna Yudha, SH,  yang akan bertarung pada Pilkada 2024 di Bumi Sebiduk Sehaluan, hingga saat ini masih beredar di Media Sosial (Medsos).

Dengan lantang  Kades  Desa Karang Tengah Kecamatan BMT Rahmanto yang ada di video itu mengajak Kades yang lain untuk menyatakan dukungan terhadap petahana yang disaksikan oleh calon petahana yang sekaligus Bupati OKU Timur, Ir, H, Lanosin, MT. Kades yang ada di ruangan pertemuan itu bertepuk tangan usai oknum Kades Rahmanto   menyampaikan dukungan terhadap petahana.

Ketua Bawaslu, Sunarto, SP, menjelaskan, sekarang sedang dipanggil untuk dimintai keterangan selanjutmya nanti akan diverifikasi dan akan ditetapkan melanggar maupun tidaknya.

"Kita sedang melakukan pemeriksaan terhadap Kades-Kades,"imbuhnya.

Sementara Ketua LSM KAMPUD, OKU Timur, Muhammad Obrin, S.Sos, menjelaskan jika memang Kepala desa berpihak kepada salah satu calon itu sudah melanggar aturan-aturan  yang ada dan mencoreng nama baik Pemerintahan Kabupaten OKU Timur. Mengingat UU yang berlaku nomor 92 tahun 2024 tentang desa sudah dikangkangi oleh beberapa Kepala desa salah satunya Kades yang sudah menyatakan sikap mendukung pasangan petahana.

"Bawaslu  harus tegas untuk menyikapinya, jika memang tidak bisa untuk menindaknya lebih baik mundur saja sebagai komisioner,"terangnya.

Share

Ads