loader

Kemeriahan Balap Becak HUT Ke-78 RI di Palembang, Ali Singo: Hiburan Masyarakat

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Toko masyarakat Seberang Ulu (SU) Palembang, H Ali Hasan dan dikenal dengan sapaan H Ali Singo menggelar lomba balap becak dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 RI.

Kegiatan ini sangat meriah dengan banyaknya masyarakat yang datang. Warga ingin menyaksikan lomba yang sudah sangat langka diadakan di Kota Palembang. 

Lomba ini diikuti 70 peserta yang merupakan penarik becak yang sering mangkal di kawasan Seberang Ulu I, Seberang Ulu II, Plaju, Jakabaring. Peserta yang ikut juga usianya beragam, mulai dari umur 40 sampai 60 tahun. 

Sementara, pantauan di arena lomba, pemandangan yang cukup lucu pun terlihat saat peserta berusaha beradu cepat berpacu merebut juara di lintasan lurus yang berjarak kurang lebih 200 meter. Para peserta yang biasa mengendalikan becak pun terlihat kesulitan mengayuh untuk saling mendahului becak lainnya. 

Dengan jarak tempuh 200 meter, Start dimulai dari Koperasi Tunas Baru hingga Finish depan kantor PLN Jakabaring, Palembang pada Sabtu (19/8/2023).

"Jadi ini kita laksanakan lomba goes becak dengan cepat dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan RI yang ke - 78," kata Ali Hasan didampingi Kusdamarwan sebagai koordinator, Senin (21/8/2023).

Lanjutnya, lomba ini sebagai hiburan masyarakat di wilayah Seberang Ulu khususnya. "Peserta ada 70 orang, yang mengikuti lomba ini. Seluruhnya berprofesi sebagai tukang becak yang perekonomiannya kurang mampu. Lomba ini untuk menghibur mereka di hari kemerdekaan ke-78 RI," katanya. 

Juara pertama mendapatkan hadiah Rp3 juta, juara kedua Rp2 juta, dan juara ketiga Rp1 juta. Kemudian juara harapan satu Rp500 ribu dan harapan dua Rp500 ribu.

"Lomba seperti ini rencananya akan dilaksanakan setiap tahun asalkan ada rejekinya," tutupnya.

Sementara, Edy Hermanto (40) warga bungaran III mendapat juara 1 lomba balap becak mengatakan, sangat bahagia. Hadiah uang yang didapat rencana buat buka usaha dan buat merayakan ulang tahun anaknya yang berusia 15 tahun.

"Benar hadiah uang Rp juta ini rencana buat usaha dan sisanya buat ulang tahun anak saya yang genap berusia 15 tahun," ucapnya.

Edy berterima kasih atas diselenggarakan kegiatan lomba becak ini. "Bahagianya setiap peserta yang tidak menang tetap diberikan baju kaos dan uang Rp50 ribu serta nasi bungkus," katanya.

Share

Ads