loader

Bantu Pemerintah, Gapki Sumsel Salurkan APD untuk RS Rujukan

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - APD diserahkan oleh Ketua Gapki Sumsel Alex Sugiarto dan diterima langsung Gubernur Sumsel Herman Deru disaksikan Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, Kapolda Sumsel Irjen Pol Priyo Widyanto, dan Kepala Kejaksaan Tinggi Sumsel Wisnu Baroto. Lalu Wakapolda Sumsel, Kepala BPBD Sumsel Iriansyah, Kepala Dinas Perkebunan  Fakhrurrozi Rais, Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nurainy dan Kepala Bekangdam II Sriwijaya dan unsur lainnya di halaman Gedung Eks Kejati Sumsel, Rabu (15/4/2020).

Penyerahan bantuan tersebut merupakan rangkaian kegiatan launching dapur umum untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 di Sumsel sekaligus penyerahan bantuan APD dari Gapki Sumsel dan dari keluarga Alm Prof Dr K.H.O Gadjahnata.

"Hari ini kami menyerahkan 260 unit APD. Sebagai organisasi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit di Sumsel, kami terpanggil untuk menyiapkan APD yang saat ini sangat dibutuhkan banyak tenaga medis di rumah sakit," ungkap Alex usai penyerahan.

Alex melanjutkan, APD ini diusulkan diserahkan kepada enam rumah sakit rujukan COVID-19 diantaranya RSUP Mohammad Hoesin (60 unit), ODP Center Jakabaring (60 unit), RSUD Siti Fatimah (40), RSUD Bari Palembang (40), RS Rivai Abdullah Banyuasin (30), dan RSUD Kayu Agung (30).

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengapresiasi kepedulian pengusaha kelapa sawit yang tergabung dalam Gapki dengan membantu APD untuk penanggulangan Covid-19 di Sumsel. “Ini luar biasa dari Gapki membantu APD. Dengan banyak insan yang peduli baik dari corporasi seperti dalam Gapki maupun pribadi, maka tugas kita menjadi ringan,” ujarnya.

 

 

Ketua Gapki Sumsel Alex Sugiarto melanjutkan, tidak hanya membagikan APD. Sebelumnya Gapki Sumsel telah memulai aksi peduli bekerjasama dengan Forum DAS Sumsel membagikan masker dan hand sanitizer kepada pekerja informal yang terpaksa beraktivitas termasuk tukang ojek dan juru parkir. “Sebelumnya kita sudah mulai, ini yang kedua. Sebelumnya bersama Forum DAS kita bagikan hand sanitizer dan masker,” katanya.

Selanjutnya yang direncanakan aksi Gapki peduli lainnya yakni memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan atau terdampak langsung secara perekonomian dengan pandemi corona. “Setelah ini kami (Gapki) juga akan membagikan paket sembako terutama di menjelang Ramadan ini,” ungkapnya.

Sementara mengenai dapur umum yang dilaunching gubernur, setiap harinya akan menyiapkan 1500 nasi kotak yang dibagikan kepada para pekerja informal di setiak kecematan di Palembang. Dapur umum merupakan kerjasama Forkopimda Sumsel, dimana produksi atau memasak dilakukan Bekangdam II Sriwijaya dan pembagian melibatkan Polda Sumsel dan anggaran disiapkan Pemprov Sumsel.

Share

Ads