loader

Mengagetkan, Ada Warga Lahat Tinggal di Gubuk 2x4 Meter Tanpa Kamar Mandi

Foto

LAHAT, GLOBALPLANET - "Saya harap agar penyaluran Bantuan Langung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT DD) bisa tepat sasaran. Hal ini agar warga yang terdampak dan belum tersentuh bantuan dari pemerintah bisa dirasakab warga dengan adanya BLT DD tersebut," kata Cik Ujang, Kamis (28/5/2020).

Pada kesempatan itu, Bupati yang kaget usai melihat kondiri rumah warganya berharap agar kepala desa (Kades) mengusulkan bedah rumah bagi warga yang rumahnya belum layak huni. Saat berkunjung ke rumah warga, Cik Ujang Sempat melihat dua rumah yang sangat sederhana.

Dimana hanya memanjang dan satu kamar hanya terpisah satu sekat. Ukuran rumah sekitar 2x4 meter. Bahkan ada rumah, dimana teras, halaman depan dan tempat mandi menjadi satu. "Rumah yang seperti itu penghuninya layak diberikan bantuan. Kita harap Kades bisa mengusulkan untuk bedah rumah juga," Jelasnya.

Sementara Doni Rivaldi (38) salah satu pemilik rumah mengungkapkan bahwa kesehariannya sebagai buruh harian lepas sudah sembilan tahun menempati rumah tersebut. "Tinggal sama istri dan satu anak saya. Karena tidak ada tempat lagi, jadi mandinya di depan rumah," ujar Doni pasrah.

Ditambahkan Kades Cecar, Abdul Haris bahwa ada 43 penerima BLT DD di desanya. Pihaknya juga berupaya agar BLT DD tersebut bisa tepat sasaran. "Untuk saran bupati agar bisa rumah warga yang tak layak bisa mengikuti program bedah rumah akan kita usulkan," sampainya.

Share

Ads