loader

Agar Pensiun Ada Kegiatan, PEPABRI Palembang Gelar Pelatihan Penanaman Hidroponik

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Agar ada kegiatan ketika pensiun, Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (PEPABRI) Palembang Sumatera Selatan mengikuti pelatihan penanaman tumbuhan hidroponik. 

Pelatihan yang dilaksanakan di Kampung Sayur Cempako Bukit Kecil Palembang, pada Sabtu(9/9/23) tersebut diikuti puluhan Purnawirawan ABRI di Kota Palembang. 

Ketua Pepabri Palembang Syofanuddin berharap pelatihan itu mampu memberikan pengetahuan bagi Purnawirawan ABRI terkait cara menanam tumbuhan secara hidroponik sehingga dimasa pensiun anggota Pepabri masih bisa berkarya ditengah masyarakat melalui tumbuhan hidroponik. 

Ia mengatakan sengaja mengadakan pelatihan hidroponik tersebut karena inspirasi dari ketua Kampung Sayur Cempako Palembang, Rudi Harsam yang juga merupakan seorang Purn TNI, karena kesuksesan dalam mengembangkan pemanfaatan tanaman hidroponik. 

"Keuntungan hidroponik ini tak memerlukan lahan untuk berkebun ya, jadi kita bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam dengan media hidroponik," Katanya. 

Dengan pelatihan itu juga ia berharap Purnawirawan ABRI semakin memiliki semangat perjuangan yang tidak kendor setelah memasuki masa pensiun. 

Sementara ketua Kampung Sayur Cempako Palembang, Rudi Harsam mengaku senang dengan kedatangan PEPABRI di hidroponik Kampung Sayur Cempako. 

"Hari ini alhamdulillah bisa berbagi pengetahuan terkait penanaman secara hidroponik bersama Pepabri Palembang," Katanya. 

Ia menjelaskan hidroponik merupakan satu metode menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah dengan menekankan nutrisi bagi tanaman. 

"Semua lapisan masyarakat, asal mau belajar dan menekuni bidang penanaman hidroponik ini bisa dipastikan berhasil karena memang penanaman hidroponik ini membutuhkan ke uletan," katanya. 

 

Share

Ads