Berita :: GLOBALPLANET.news

Simulasi pencegahan dan penanggulangan karhutla di perkebunan kelapa sawit Grup Astra Agro. Kesiapsiagaan seperti ini dilakukan di semua kebun Astra Agro di seluruh Indonesia. (Foto: Ist)

21 Juli 2020 17:15:24 WIB

JAKARTA, GLOBALPLANET - Langkah antisipatif sangat diperlukan dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Untuk meningkatkan efektifitas pemantauan kondisi sekitar perkebunan, Astra Agro menggunakan UAV (unmaned aerial vehicle) dalam menghadapi ancaman puncak musim kemarau tahun ini.

UAV atau drone (pesawat tanpa awak) yang dilengkapi kamera tersebut secara berkala akan diterbangkan sambil mengirim video hasil monitoring lapangan ke team tanggap darurat.

“Dengan kelengkapan alat dan teknologi ini, team yang ditugaskan khusus mencegah serta mengatasi karhutla bisa bergerak lebih cepat ke lokasi sesuai titik koordinat yang diinformasikan kamera drone,” ujar Senior Vice President of Communications and Public Affair PT Astra Agro Lestari Tbk, Tofan Mahdi, dalam pernyataan resmi diterima globalplanet, Selasa (21/7/2020).

Peningkatan efektifitas pencegahan karthutla ini, menurutnya, merupakan wujud komitmen Astra Agro sebagai perusahaan perkebunan kelapa sawit yang menerapkan operasional perusahaan sesuai prinsip-prinsip keberlanjutan (sustainability).

Selain melengkapi team tanggap darurat dengan penggunaan drone, anak usaha Grup Astra Agro juga menjalin komunikasi dan koordinasi intensif dengan pihak-pihak terkait, seperti pemerintah daerah, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Tentara Nasional Indonesia, serta Kepolisian setempat. 

Upaya pencegahan karhutla juga dilakukan dengan dengan melibatkan masyarakat di sekitar perkebunan. Sosialisasi diperkuat dengan menyebarkan SMS atau pesan singkat broadcast berisi pesan agar setiap bagian saling menjaga lingkungan dan bekerja sama agar tidak terjadi peristiwa kebakaran sedikitpun. Demi menjamin ketersediaan air, perusahaan membangun embung, overflow dan kantong air yang akan sangat berguna sebagai sumber air pemadaman pada saat terjadi kebakaran. 

Pihak kepolisian mengapresiasi kegiatan tersebut. Misalnya, seperti dikemukakan saat anak perusahaan Astra Agro di Riau berkoordinasi dengan Kepolisian Resor Pelalawan, Riau, yang sama-sama bertekad menjaga keamanan wilayah. “Tahun ini kita buktikan kepada dunia bahwa kita telah mempersiapkan segala sesuatu untuk  pencegahan kebakaran. Kita harus punya komitmen kuat untuk merealisasikan itu,” kata Kapolres Pelalawan, AKBP Indra Widjatmiko saat mengikuti koordinasi di PT SLS, Rabu (15/7/2020). 

Reporter : A Taufiq Akbar Editor : Zul Mulkan 173