loader

Jaga Ekosistem, Ribuan Benih Ikan Kembali Dilepas di Sungai Musi

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - "Ini memang menjadi rutinitas kita, hampir setiap bulan kita tebar bibit-bibit ikan di Sungai Musi ini. Tujuannya tentu saja untuk menyelematkan ekosistem yang ada," kata Wakil Walikota Palembang, Fitri Agustinda, usai menebar bibit ikan, Senin (8/2/2021).

Fitri menjelaskan, pihaknya menerima keluhan dari para nelayan terkait sulitnya untuk mendapatkan ikan saat ini. "Bahkan beberapa jenis ikan juga sudah jarang mereka dapatkan," singkatnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan adanya kegiatan rutin yang dilakukan oleh Pemkot Palembang, diharapkan dapat menjadi contoh bagi komunitas lain untuk ikut serta mempertahankan ekosistem ikan.

"Terutama untuk komunitas yang sangat perduli sungai dan dapat melaksanakan kegiatan yang sama, sehingga ekosistem yang ada dapat betul-betul terjaga dengan baik," tambahnya.

Fitri juga menghimbau kepada setiap instansi terkait agar dapat melakukan tindakan tegas bagi oknum yang tidak bertanggung jawab merusak ekosistem ikan Sungai Musi.

"Kalau memang menemukan penangkapan ikan dengan cara yang tidak benar, baik dari setrum ataupun diracun, segeralah ditindaklanjuti. Tangkap dan proses, karena ini sangat menggangu sekali ekosistem yang ada," ujarnya.

 

Share

Ads