loader

Bagaimana Perawatan Bayi Baru Lahir di Rumah? Cari Tahu Caranya!

Foto

PALEMBANG , GLOBALPLANET.news - Memiliki buah hati pastilah idaman kebanyakan pasangan suami istri. Setelah menikah, kebanyakan pasangan suami istri pastilah merencanakan untuk mendapatkan buah hati. Buat Anda yang sedang merencanakan kehamilan atau menanti kelahiran, Anda harus paham dengan cara perawatan bayi. 

Saat masih di dalam rahim ibunya, bayi tinggal di lingkungan dengan suhu yang stabil. Namun, ketika lahir, suhu tempat lahir pastinya tidak bisa se-stabil saat di dalam rahim. Oleh karena itu diperlukan perawatan bayi yang tepat.

Perawatan bayi ketika baru lahir diperlukan untuk menghindari terjadinya hipotermia, kejang, hingga susah napas. Oleh karena itu, ibu yang melahirkan di rumah harus bisa bekerja sama dengan suami dan tentunya bidan, untuk sigap merawat bayi yang baru lahir.

Cara Perawatan Bayi Lahir di Rumah

Perawatan yang harus dilakukan untuk bayi yang baru lahir bisa dibilang cukup banyak dan butuh persiapan. Apabila lahir di rumah sakit, kemungkinan besar dokter dan perawat yang akan merawat bayi.

Namun beda cerita apabila bayi lahir di rumah. Untuk menjadikan peluang hidup bayi yang lahir di rumah tetap tinggi, simak cara merawatnya di bawah ini;

Pastikan Perlengkapan Bayi Sudah Siap
Untuk menghindari kebingungan dan terburu-buru mencari perlengkapan bayi saat si kecil lahir, Anda harus menyiapkan semua perlengkapan bayi new born. 

Anda harus menyediakan pakaian bayi new born setidaknya 3-4 stel. Pastikan lengkap dengan kaus kaki, sarung tangan, dan penutup kepala. Selain itu siapkan kain lap dan air hangat. Komunikasikan dengan bidan agar tidak ada perlengkapan yang terlupa.

Ibu Siap Untuk Skin to Skin 
Ibu yang baru saja melahirkan harus siap untuk segera skin to skin dengan buah hatinya. Dengan catatan si kecil lahir normal dan sehat, Biasanya bidan akan mengelap agar bayi tidak terlalu basah.

Setelah itu bayi akan tidurkan tengkurap di dada sang ibu. Hal ini berfungsi agar ibu dan bayi bisa skin to skin. Kulit ibu bisa menstabilkan suhu tubuh bayi lebih cepat dan normal. Melalui metode ini, bayi akan lebih tenang.

Ibu Siap untuk IMD
Setelah bayi tenang di pelukan ibunya, langsung arahkan si bayi untuk inisiasi menyusui dini (IMD). Posisikan mata bayi dekat dengan puting ibunya. Biarkan si bayi secara mandiri mencari puting dan menyusu. 

Air Susu Ibu (ASI) pertama sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi. IMD disarankan utuk dicoba, namun apabila ASI tidak langsung keluar, ibunda jangan berkecil hati, cobalah keesokan harinya.

Merawat Tali Pusar
Bagian memotong tali pusar sebaiknya diserahkan kepada bidan. Setelah itu, biasanya bagian pusar akan dibersihkan dan diberi antiseptik agar tidak dimasuki kuman atau bakteri.

Bagian pusar tidak perlu selalu diberi antiseptik, biarkan mengering sendiri asal dijaga kebersihannya.

Memandikan Bayi
Bayi yang baru lahir tidak harus langsung dimandikan. Proses pembersihan bayi lebih baik dilap dengan kain bersih saja. Karena cairan dari rahim ibu akan melindungi bayi dari bakteri di sekitarnya.

Disarankan, bayi baru dilap dengan air hangat setelah enam jam dan tidak menunjukkan gejala tidak normal. Untuk hari – hari pertamanya, bayi bisa dimandikan dengan air hangat serta sabun dan sampo khusus new born. Pastikan handuk dan semua yang menyentuh kulit bayi sudah bersih. Di momen-momen awal, kulit bayi masih sangat sensitif.

Tidur Bayi
Bayi baru lahir bisa tidur hingga 20 jam sehari. Biasanya sekali tidur bisa sampai 4 jam. Bayi baru lahir lebih baik ditidurkan terlentang. Tempat tidur bayi harus rata dan tidak terlalu empuk atau terlalu keras. Jauhkan bayi dari benda-benda yang bisa menutupi kepalanya.

Awasi BAK dan BAB Bayi
Secara ilmu medis, bayi harusnya sudah buang air kecil (BAK) pertama kali setelah 24 jam hingga 48 jam pertama hidupnya. Orang tua harus memperhatikan ini. Apabila hingga 48 jam pertama belum BAK, berarti bayi perlu segera mendapat penanganan medis.

 Setelah bisa BAK, biasanya bayi juga akan bisa buang air besar (BAB). Dalam sehari bayi bisa BAK hingga 6 kali, dan BAB hingga 4 kali.

Itulah beberapa tips merawat bayi baru lahir di rumah. Para orang tua muda atau calon orang tua harus memahami hal ini. Meski dilihatnya sederhana, hal-hal itu adalah penyelamat bayi agar bisa tumbuh dengan baik.

Bagi Anda yang kini sedang menanti kelahiran sang buah hati, alangkah baiknya untuk terlebih dahulu mempersiapkan keperluan untuk si kecil. Kini Anda tak perlu repot-repot kalau ingin membeli perlengkapan bayi. Semuanya ada di Blibli.

Mal Online Terbesar di Indonesia, itu  menyediakan berbagai perlengkapan bayi yang berkualitas dan original. Spesial untuk Anda, Blibli sedang mengadakan Mom and Kids Fair mulai 20-24 Februari 2023.

Anda bisa memborong semua perlengkapan bayi selama promo tersebut. Diskon peralatan bayi selama Mom and Kids Fair hingga 90% dan cashback yang tidak tanggung-tanggung hingga Rp150.000. Semua perlengkapan bayi yang dijual di Blibli dijamin original dan pasti gratis ongkos kirim.

Share

Ads