loader

Sedekah Rame, Salah Satu Upacara Adat Tradisional Melayu Lahat 

Foto

SEDEKAH RAME - merupakan salah satu upacara tradisional Melayu Lahat, Sumatra Selatan. Upacara Sedekah Rame ini ialah kegiatan yang diselenggarakan secara bersama-sama oleh masyarakat setempat, terutama bagi yang memiliki lahan persawahan di daerah tersebut.

Nama upacara itu sendiri memiliki arti yaitu “Sedekah Bersama-sama”. Upacara ini utamanya diselenggarakan oleh petani dalam rangka kegiatan pertanian. Mulai dari penyiangan sawah, pembibitan, penanaman hingga panen. Sebelum upacara ini dilaksanakan para pemuka masyarakat dan pemilik sawah mengadakan pertemuan untuk meminta izin pada Jurai Tupe (ruh) lalu menentukan hari dan tanggal pelaksanaan upacara. Setelah itu pembagian tugas yang dibantu oleh orang-orang tua yang ada di kampung.

Tahap pertama dalam melakukan upacara ini dengan meletakkan perlengkapan-perlengkapan yang ada dalam upacara kemudian membakar kemenyan. Lalu pemberian kesempatan untuk sambutan-sambutan, penyampaian amanat dan alkisah puyang pembuka pertama area persawahan, terakhir doa penutup dan menyantap hidangan yang tersedia secara bersama-sama.

Setelah dilakukan upacara Sedekah Rame ini ada mubus babak yang pertama ialah pengeringan air dan pembersihan saluran. Lalu terakhir penangkapan ikan. Uniknya bagian ini diadakan agar para pendukung upacara tradisional dapat bersemangat dan bergembira dengan membawa oleh-oleh ikan untuk dibawa pulang. Upacara ini dilakukan di daerah Tanah Badahe Setue yang letaknya berada di tengah-tengah sawah dengan cara membakar kemenyan, membuat ritual kepada ruh, dan menyalahkan api unggun. 

Maksud dan tujuan dari upacara ini agar masyarakat setempat memperoleh perlindungan dari Tuhan yang Maha Esa atas tanaman yang mereka tanam. Upacara adat ini juga dilaksanakannya dengan satu harapan agar petani memperoleh hasil panen yang lebih baik dan lebih banyak. Upacara ini juga sangat terkenal di kalangan petani  khususnya di daerah Sumatra Selatan .


Penulis: Bunga Cahya kamilah
Mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang


Disclaimer: Artikel dan isi tanggung jawab penulis

Share

Ads

Berita Pilihan

Terpopuler