loader

Pameran dan Lelang Lukisan, Hasilnya untuk Dana Sosial dan Kesejahteraan Pelukis

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Komunitas Pelukis Indonesia (Kompi) melaksanakan kegiatan pameran dan lelang lukisan di Hotel Novotel Palembang. Hasil lelang tiga lukisan tersebut akan didonasikan ke warga melalui dinas sosial dan para seniman atau pelukis.

Kegiatan ini juga memeriahkan HUT Bhayangkara ke 77. Ketua Umum Komunitas Pelukis Indonesia (Kompi) Semilang Sutan Fanhar mengatakan ada 100 lukisan yang dipamerkan salah satunya lukisan karya AKBP Gustavianus. Dari 100 lukisan yang dipamerkan hanya 10 lukisan yang dilelang dan yang terjual tiga lukisan. 

"Tiga lukisan yang terjual adalah karya Toto Sianto luka bawa hasil panen seharga Rp25 juta, karya Budiawan Candra lukisan aktivitas nelayan di pinggir pantai seharga Rp27 juta, karya Mashuri lukisan Huegeng seharga Rp20 juta. Hasil penjualan lukisan sebagian disumbangkan untuk dana sosial dan sebagainya lagi untuk kesejahteraan pelukis itu sendiri," kata Semilang Sutan Fanhar. 

Dalam kesempatan ini, Semilang menyampaikan kepada masyarakat dan pemerintah bahwa seniman lukis perlu dibina.  

"Di Palembang sendiri banyak pelukis hebat, tapi tidak ada wadah. Jadi bagaimana pemerintah akan tahu lukisannya sementara karyanya tidak pernah ditampilkan tidak pernah dipamerkan," ungkapnya. 

Dengan adanya pameran ini, kata Semilang pemerintah khususnya pemerintah Kota Palembang bisa memahami bahwa Palembang ini memiliki pelukis hebat yang perlu dibina dan dirangkul. 

"Nah kali ini alhamdulillah kita Komunitas Pelukis Indonesia dirangkul dan direspon positif oleh Polda Sumsel untuk berpartisipasi memeriahkan HUT Bhayangkara ke-77 memamerkan dan lelang lukisan," katanya lagi. 

Lebih lanjut dikatakan Semilang, bahwa hidupnya masih jauh di bawah kata sejahtera. Untuk itu dengan karya lukisan yang dilukisnya bisa terjual untuk mensejahterakan hidupnya.

"Bagaimana dari hasil karya seni, kembali ke seni lagi. Kalau kita menjadi seniman tidak ada penghasilan dari luar seperti lukisan ini sulit untuk menjualnya nah para pelukis ini butuh market. Nah melalui pameran inilah kita memohon kepada Pemerintah Provinsi Sumsel untuk memberikan perhatian khusus kepada para seniman lukis yang ada di Sumsel," tutupnya.

Sementara itu, Irwasda Polda Sumsel Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengapresiasi peran Komunitas Pelukis Indonesia yang turut memeriahkan HUT Bhayangkara ke 77 dengan memamerkan dan lelang lukisan hasil karya seniman lukis di Kota Palembang. 

Menurut Ulung, lukisan hasil karya seniman tidak dapat nilai dengan harga namun yang terpenting adalah seni lukisan yang dihasilkan memiliki makna yang sangat terkandung dalam pikiran sang pelukis

Share

Ads