loader

Bupati Lanosin: Festival Sebiduk Sehaluan Untuk Lestarikan Seni dan Budaya di OKU Timur 

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  OKU Timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar   Festival Sebiduk Sehaluan  2023. Kegiatan  berlangsung di lapangan sepak bola, Desa Sumber Agung, Kecamatan Buay Madang, pada Sabtu (23/09/2023).

Kegiatan Festival Sebiduk Sehaluan, dilaksanakan dalam rangka melestarikan Seni dan Budaya di Bumi Sebiduk Sehaluan.

Festival yang bertajuk pentas seni dan budaya OKU Timur itu juga dilakukan launching aksara Kaganga Komering yang merupakan warisan sejarah  OKU Timur dan launching website Aksara Komering.ID serta Festival Tunas Bahasa Ibu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Wakimin, SPd, MM menyampaikan, tujuan kegiatan yang dilaksanakan ini untuk meliterasi budaya daerah seni budaya di OKU timur. Memperkenalkan keberagamaan dan kerukunan antar budaya, melaksanakan peluncuran website Aksara Kaganga, menyalurkan bantuan bupati berupa alat kesenian, hadroh, kulintang dan kuda lumping serta menyalurkan bantuan bupati berupa Alquran.

Bupati OKU Timur Ir,H,  Lanosin, MT  mengatakan, kebudayaan itu sangat penting dilestarikan, asal katanya budaya, kemudian budaya itu merupakan kebiasaan sehari-hari yang rutin dilakukan. "Sehingga budaya menjadi sesuatu yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita dan harus dilestarikan, namun budaya yang kita jalani haruslah budaya yang baik dan positif,"tambahnya.

Dia  mengapresiasi kegiatan Festival Sebiduk Sehaluan yang setiap tahun dilaksanakan dan  masyarakat untuk berpegang teguh pada slogan Sebiduk Sehaluan. Siapapun dan dimanapun berada, jika itu orang OKU Timur akan kembali ke OKU Timur dan tetap membawa budaya OKU Timur dimanapun berada.

Dengan pemukulan gong, orang nomor satu di kabupaten yang lebih dikenal sebagai daerah penghasil pangan ini, resmi membuka  Festival Sebiduk Sehaluan dan melaunching Website Aksara Kaganga Komering, dilanjutkan dengan peninjauan stand UMKM.

Share

Ads