loader

Festival Danau Rayo di Muratara Diharapkan Jadi Agenda Nasional

Foto

MURATARA, GLOBALPLANET - Festival Danau Rayo di Kabupaten Muratara kembali digelar. Tahun ini keempat kalinya festival seni dan budaya ini digelar.

"Saya sebagai Gubernur mengapresiasi langkah Kabupaten Muratara yang mengoptimalkan semua potensi termasuk kepariwisataan. Setiap tahun menyelenggarakan dan menjadikan tempat ini terkenal," ujar Gubernur Sumsel Herman Deru saat pembukaan Festival Danau Rayo ke 4 tahun 2023 di Desa Sungai Jernih Kecamatan Rupit, Kabupaten Muaratara, Rabu (26/9).

Herman Deru menyebutkan ada yang paling esensial bahwa akan ada geliat ekonomi dan objek wisata semakin dikenal. "Tugas pemerintah mendorong agar menjadi sebuah kebanggaan dan selanjutnya itu akan menjadi pendapatan asli daerah," ungkapnya.

Gubernur juga memuji kebersamaan masyarakat untuk mempertahankan kearifan lokal baik adat dan budaya. "Kita punya ciri khas di 17 kabupaten/kota punya budaya dan adat serta identitas masing-masing," tuturnya.

Herman Deru menyambut baik Festival Danau Rayo setelah dijadikan kalender tetap tingkat Provinsi Sumsel. Ke depan dia berharap dijadikan agenda tahunan nasional sebagaimana Festival Danau Ranau di Kabupaten OKU Selatan.

"Setelah festival Danau Ranau dijadikan agenda tahunan nasional maka Danau Rayo harus juga menjadi kalender tetap nasional," harapnya.

Herman Deru meminta semua pihak utamanya masyarakat yang bermukim di sekitar Danau Rayo untuk tetap menjaga kelestarian alam, tidak menebang pohon secara liar dan melakukan penanam pohon.

"Jadi saya minta dinas terkait Kabupaten Muratara tetap mempertahankan keasliannya di sekitar Danau Rayo karena ini nanti akan menjadi pusat ekonomi baru," tutupnya.

Wakil Bupati Muratara Innayatullah menegaskan Festival Danau Rayo diisi dengan berbagai acara yaitu lomba biduk, sedekah ramo, festival adat dan budaya, festival kuliner, pameran ekonomi kreatif, lomba mewarnai dan motor trail.

"Kita harapkan melalui kegiatan Festival Danau Rayo dapat memperkenalkan potensi alam dan produk unggulan, meningkatkan  kunjungan wisata guna memacu perkembangan ekonomi, mengangkat dan melestarikan seni budaya. Kemudian menjadi budaya sektor penting dalam meningkatkan ekonomi kreatif," katanya. 

 

Share

Ads