loader

Zahir Garap Komoditas Cabai dan Bawang Merah di Batubara

Foto

BATUBARA, GLOBALPLANET - Ini terlihat dari kegiatan tanam perdana cabai dan bawang merah di Desa Laut Tador, Batubara, yang dihadiri juga oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi, Selasa (14/1/2020) sore. 

Kegiatan tanam perdana itu dilakukan bersama Kapolres AKBP Ikhwan Lubis SH, MH, anggota DPRD Andi Lestari, Kadis Pertanian Ridwan SP, M.Agric.

Ikut juga Kadis PMD Radiansyah SSTP, Wabup Oky Iqbal Prima, Ketua Puskopad Kodam 1 BB Kolonel Inf Suryo Suprapto, dan Dirut PT Perkebunan Sumatera Utara Ir Gazali Arief.

Lahan PT Perkebunan Sumut yang berlokasi di Desa Laut Tador ini merupakan lahan seluas 2 hektar (ha) yang sangat baik untuk mengembangkan cabai merah dan bawang merah.

"Saya berharap cabai dan bawang merah ini dapat membantu menekan inflasi yang diakibatkan tingginya harga cabai merah di Kabupaten Batubara," kata Bupati Zahir.saat berpidato di lokasi penanaman tersebut.

Zahir mengatakan, Kabupaten Batubara mendapatkan bantuan melalui program pengembangan kawasan cabai merah 85 ha dan bawang merah 35 ha dari APBD provinsi Sumut.

"Ini salah satu sumber peningkatan pendapatan dan kesejahteraan pendapatan bagi petani cabai dan bawang merah di Kabupaten Batubara," ujar Zahir. 

Sementara itu Gubsu Edy Rahmayadi menyebutkan Kabupaten Batubara dinilai dari pertanian dan petaninya. Sebab, lahan di Batubara termasuk subur.

"Karena di Kabupaten Batubara ini adalah salah satu kabupaten yang prositas petani dari tanahnya subur. Kapan lagi kita berbuat. Apa yang bisa kita buat," tegas Gubsu.

Share

Ads