loader

Harga Minyak Sawit Mentah Sekarang Anjlok 10 Persen

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Pada 11.50 WIB Senin (9/3/2020) harga CPO kontrak pengiriman tiga bulan anjlok 10% ke level RM 2.602/ton. Tergelincirnya harga CPO mengekor harga minyak mentah yang juga terperosok dalam.

Sebagai informasi, harga minyak mentah kontrak berjangka siang ini ditransaksikan melemah lebih dari 25%. Brent melorot 28,1% ke US$ 32,26/barel sementara WTI anjlok lebih dalam sebesar 31,6% di bawah US$ 30/barel atau tepatnya di US$ 28,22/barel.

Harga minyak anjlok setelah OPEC+ gagal capai kata sepakat untuk pangkas lebih dalam produksi minyaknya saat pertemuan di Vienna pekan lalu.

Merespons wabah corona yang semakin meluas ke lebih dari 100 negara di berbagai penjuru dunia.Arab Saudi sebagai pemimpin OPEC mengusulkan pemangkasan produksi minyak sebesar 1,5 juta barel per hari (bpd).

Anggota aliansi non-OPEC yang dipimpin oleh Rusia diminta untuk berkontribusi terhadap pemangkasan tersebut sebesar 500.000 bpd. Namun Rusia menolak usulan tersebut.

Pergerakan harga CPO juga berkorelasi dengan pergerakan harga minyak mentah global. Pasalnya CPO dapat digunakan sebagai substitusi untuk sumber energi menjadi biodiesel.

Harga CPO melorot 10% dalam sehari, padahal sepekan kemarin harga PCO naik hampir 6% didorong oleh sentimen positif jelang Ramadhan. Biasanya stok minyak sawit akan ditingkatkan mendekati bulan puasa mengingat permintaan akan terkerek naik akibat lonjakan konsumsi.

Share

Ads